PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMPN 3 IV KOTO AUR MALINTANG KABUPATENPADANG PARIAMAN

NADILA, DWI MULYANA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE GALLERY WALK UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS VIII DI SMPN 3 IV KOTO AUR MALINTANG KABUPATENPADANG PARIAMAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Nadila Dwi Mulyana_1814010089_Cover, dll - Nadila dwi Mulyana.pdf

Download (904kB)
[img] Text
Nadila Dwi Mulyana_1814010089_Bab I - Nadila dwi Mulyana.pdf

Download (571kB)
[img] Text
Nadila Dwi Mulyana_1814010089_Bab II - Nadila dwi Mulyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (693kB)
[img] Text
Nadila Dwi Mulyana_1814010089_Bab III - Nadila dwi Mulyana.pdf

Download (506kB)
[img] Text
Nadila Dwi Mulyana_1814010089_Bab IV - Nadila dwi Mulyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (562kB)
[img] Text
Nadila Dwi Mulyana_1814010089_Bab V - Nadila dwi Mulyana.pdf

Download (484kB)
[img] Text
Nadila Dwi Mulyana_1814010089_Fulltext - Nadila dwi Mulyana.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah berdasarkan studi pendahuluan peserta didik terlihat kurang aktif, masih ada sebagian peserta didik tidak mau bertanya apabila belum memahami materi, serta malu-malu untuk mengemukakan pendapat disebabkan pembelajaran masih menggunakan model pembelajaran konvensional salah satunya metode ceramah. Salah satu cara untuk meningkatkan keaktifan peserta didik adalah dengan menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk di kelas VIII di SMPN 3 IV Koto Aur Malintang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk, keaktifan peserta didik di kelas eksperimen yang menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk dan kelas kontrol yang menggunakan model pembelajaran konvensional, dan signifikan perbedaan keaktifan peserta didik antara kelas eksperimen dan kontrol.. Jenis penelitian yang digunakan adalah True Experimental Design rancangan Posttest Only Control Design. Sampel penelitian digunakan yaitu peserta didik kelas VIII.1 sebagai kelas eksperimen, sedangkan kelas kontrol peserta didik kelas VIII.2. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan observasi,agar lebih meyakinkan dan penilaiannya dari berbagai dimensi terwakili. Data analisis secara deskriptif yang didahului dengan uji prasyarat berupa uji normalitas dan uji homogenitas, kemudian melakukan uji hipotesis, uji sample independent test. Hasil penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk dapat meningkatkan keaktifan peserta didik secara efektif. Pertama, pelaksanaan pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti terdiri dari: 1) membagi peserta didik dalam beberapa kelompok, 2) bagikan tugas yang akan dikerjakan peserta didik, 3) peserta didik membuat resume atau catatan penting, 4) hasil resume dituliskan ke dalam kertas plano, 5) masing-masing anggota lain berkunjung ke kelompok lain, 6) klarifikasi guru. Kedua, rata-rata keaktifan peserta didik di kelas eksperimen 83,29 berada pada klasifikasi tinggi dan rata-rata keaktifan peserta didik di kelas kontrol yaitu 73,53 berada pada klasifikasi sedang. Ketiga, uji hipotesis dengan SPSS versi 24 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000<0,05). Hal ini berarti Hα diterima dan H0 ditolak, artinya penerapan model pembelajaran kooperatif tipe gallery walk dapat meningkatkan keaktifan peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti kelas VIII di SMPN 3 IV Koto Aur Malintang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:23
Last Modified: 30 Sep 2022 01:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11067

Actions (login required)

View Item View Item