PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH CUPAK KABUPATEN SOLOK

MIANDA, DWI INTAN PUTRI (2022) PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN KONSTRUKTIVISME TIPE NOVICK TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN SEJARAH KEBUDAYAAN ISLAM KELAS VII MTs MUHAMMADIYAH CUPAK KABUPATEN SOLOK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Mianda Dwi Intan Putri_1814010130_Cover, dll - Mianda Dwi Intan Putri.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Mianda Dwi Intan Putri_1814010130_Bab I - Mianda Dwi Intan Putri.pdf

Download (437kB)
[img] Text
Mianda Dwi Intan Putri_1814010130_Bab II - Mianda Dwi Intan Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (608kB)
[img] Text
Mianda Dwi Intan Putri_1814010130_Bab III - Mianda Dwi Intan Putri.pdf

Download (606kB)
[img] Text
Mianda Dwi Intan Putri_1814010130_Bab IV - Mianda Dwi Intan Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (748kB)
[img] Text
Mianda Dwi Intan Putri_1814010130_Bab V-Daftar Pustaka - Mianda Dwi Intan Putri.pdf

Download (148kB)
[img] Text
Mianda Dwi Intan Putri_1814010130_Fulltext - Mianda Dwi Intan Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penulisan skripsi ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil Sejarah Kebudayaan Islam di kelas VII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok tahun 2021/2022. Sebagian besar nilai peserta didik belum mencapai KKM yang telah ditetapkan di sekolah yaitu 75. Diperoleh informasi peserta didik kurang aktif ketika belajar di kelas, kurang respon, tidak ada feedback dari peserta didik ketika diadakan sesi Tanya jawab, peserta didik tidak percaya diri untuk bertanya. Untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan menggunakan Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick. Rumusan masalah adalah “Pengaruh Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Kelas VII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok”. Tujuan dalam penelitian skripsi ini yaitu (1) Untuk mengetahui deskripsi tentang hasil belajar peserta didik sebelum menggunakan Strategi pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok. (2) Untuk mengetahui deskripsi tentang hasil belajar peserta didik sesudah menggunakan Strategi pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok. (3) Untuk mengetahui pengaruh tentang Strategi pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif eksperimen. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VII MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Simple Random Sampling (sampel acak berkelompok), kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VII.1 dan kelas kontrol adalah kelas VII.2. Hasil penelitian hasil analisis uji T yang dilakukan pada software SPSS maka diperoleh sig α < 0,05 yaitu 0,000 artinya 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak dan T hitung > T tabel yaitu 46,518 > 1,701 artinya Ha yang mengatakan terdapat pengaruh strategi pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick terhadap hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam kelas VII di MTs Muhammadiyah Cupak Kabupaten Solok diterima dan Ho ditolak. Kata Kunci: Pengaruh, Strategi Pembelajaran Konstruktivisme Tipe Novick, Hasil Belajar Sejarah Kebudayaan Islam.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 30 Sep 2022 01:15
Last Modified: 30 Sep 2022 01:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11064

Actions (login required)

View Item View Item