IRMA SURYANI, SURYANI (2022) PEMBINAAN AKHLAK PESERTA DIDIK MELALUI METODE KETELADANAN DI MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI (MTsN) 3 KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Irma Suryani_1814010039_Cover, Pengesahan, dll - Irma Suryani.pdf Download (1MB) |
|
Text
Irma Suryani_1814010039_BAB I - Irma Suryani.pdf Download (890kB) |
|
Text
Irma Suryani_1814010039_BAB II - Irma Suryani.pdf Restricted to Repository staff only Download (472kB) |
|
Text
Irma Suryani_1814010039_BAB III - Irma Suryani.pdf Download (268kB) |
|
Text
Irma Suryani_1814010039_BAB IV - Irma Suryani.pdf Restricted to Repository staff only Download (259kB) |
|
Text
Irma Suryani_1814010039_BAB V - Irma Suryani.pdf Download (350kB) |
|
Text
Irma Suryani_1814010039_FullText - Irma Suryani.pdf Restricted to Repository staff only Download (6MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena terjadinya krisis akhlak di era globalisasi. Terutama setelah melewetai kondisi pandemi dan pelaksanaan pembelajaran dilakukan secara daring. Hal ini berpengaruh pada kedisiplinan peserta didik. Dalam meningkatkan kedisiplinan dan akhlak, pendidik melakukan pembinaan akhlak melalui metode keladanan.. Fokus pada penelitian ini adalah pembinaan akhlak peserta didik melalui metode keteladanan di MTsN 3 Kota Padang. Dalam penelitian ini terdapat dua pertanyaan penelitian yaitu : 1. Bagaimana pembinaan akhlak peserta didik melalui metode keteladanan di MTsN 3 Kota Padang ?. 2. Apa saja dampak dari pembinaan akhlak peserta didik melalui metode keteladanan di MTsN 3 Kota Padang ?. Penelitian ini bertujuan : 1. Untuk megetahui pembinaan akhlak peserta didik melalui metode keteladanan di MTsN 3 Kota Padang. 2. Mengetahui dampak dari pembinaan akhlak peserta didik melalui metode keteladanan di MTsN 3 Kota Padang. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitia lapangan). Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif yakni penelitian yang dimaksudkan untuk menyelidiki keadaan, kondisi, dan situasi sosial, yang hasilnya dipaparkan dalam bentuk laporan penelitian. Penelitian ini dilaksanakan di MTsN 3 Kota Padang. teknik yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi untuk mendapatkan data yang memenuhi standar yang ditetapkan. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa : 1. Pendidik sudah melakukan pembinaan akhlak dengan baik. Dengan cara membiasakan datang tepat waktu, berpakaian sesuai ajaran islam (menutup aurat), berbicara lemah lembut, memberikan nasehat dan teguran, kepedulian terhadap sesama. 2. Adapun dampak dari pembinaan akhlak melalui metode keteladanan antara lain: peserta didik dapat meniru dan melakukan kebiasaan baik yang dilakukan pendidik sehingga menunjang peserta didik untuk berakhlak baik, pembiasaan dapat diberikan dalam berbagai aspek seperti kedisiplinan, religius, kejujuran, kerja keras, mandiri, tanggung jawab, dan sopan santun. Kata Kunci : Pembinaan Akhlak, Peserta Didik, Metode Keteladan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 07:45 |
Last Modified: | 29 Sep 2022 07:45 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11050 |
Actions (login required)
View Item |