PENGARUH STRATEGI INSTANT ASSESMENT TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTsN 5 KABUPATEN SOLOK SELATAN

Febil, Oksarimenda (2022) PENGARUH STRATEGI INSTANT ASSESMENT TERHADAP HASIL BELAJAR AKIDAH AKHLAK KELAS VIII MTsN 5 KABUPATEN SOLOK SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Febil Oksarimenda_1814010103_Cover,dll.-1 - Febil Oksarimenda.pdf

Download (947kB)
[img] Text
Febil Oksarimenda_1814010103_BAB I - Febil Oksarimenda.pdf

Download (801kB)
[img] Text
Febil Oksarimenda_1814010103_BAB II - Febil Oksarimenda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Febil Oksarimenda_1814010103_BAB III - Febil Oksarimenda.pdf

Download (827kB)
[img] Text
Febil Oksarimenda_1814010103_BAB IV - Febil Oksarimenda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (771kB)
[img] Text
Febil Oksarimenda_1814010103_Bab V-Daftar Pustaka - Febil Oksarimenda.pdf

Download (640kB)
[img] Text
Febil Oksarimenda_1814010103_Fulltext - Febil Oksarimenda.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah proses pembelajaran masih belum optimal karena penggunaan strategi pembelajaran masih kurang efektif. Selanjutnya peserta didik masih banyak yang belum memahami akan materi yang disampaikan oleh pendidik. Selain itu, aktivitas peserta didik dalam mencatat, menghafal dan mengerjakan soal-soal masih terbilang sangat rendah dan hasil belajar peserta didik masih tergolong rendah dibuktikan dengan masih banyak yang belum mencapai KKM yang telah ditetapkan sekolah yaitu 76. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mengatasi rendahnya hasil belajar tersebut adalah menggunakan strategi Instant Assesment pada mata pelajaran Akidah Akhlak. Tujuan dalam penelitian ini yaitu (1) Untuk mengetahui gambaran hasil pre test kelas eksperimen pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 5 Kabupaten Solok Selatan. (2) Untuk mengetahui gambaran hasil pre test kelas kontrol pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 5 Kabupaten Solok Selatan. (3) Untuk mengetahui gambaran hasil post test kelas eksperimen pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 5 Kabupaten Solok Selatan.(4) Untuk mengetahui gambaran hasil post test kelas kontrol pada mata pelajaran Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 5 Kabupaten Solok Selatan. (5) Untuk mengetahui pengaruh strategi Instant Assessment terhadap hasil belajar Akidah Akhlak kelas VIII MTsN 5 Kabupaten Solok Jenis penelitian ini adalah Quasi Eksperiment dan rancangan yang digunakan adalah nonquivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas VIII MTsN 5 Solok Selatan tahun ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel dilakukan dengan teknik Rondom Sampling, kelas yang dipilih sebagai kelas eksperimen adalah VIII.1 dan kelas kontrol adalah kelas VIII.2. Hasil penelitian menunjukan rata-rata nilai pre-test hasil belajar Akidah Akhlak kelas eksperimen adalah 59,46, rata-rata nilai pre-test hasil belajar Akidah Akhlak kelas kontrol adalah 57,20, rata-rata nilai post-test hasil belajar Akidah Akhlak kelas eksperimen adalah 88,66 dan rata-rata nilai post-test hasil belajar Akidah Akhlak kelas kontrol adalah 82,66. Berdasarkan uji hopotesis dengan SPSS Versi 20 diperoleh signifikan α dalam dua sisi (2-tailed) sebesar = 0,000, maka diambil kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05) thitung>ttabel yaitu (73,743 > 1,672). Oleh karena itu dapat dikatakan Ho yang berbunyi tidak terdapat perbedaan hasil belajar dengan menggunakan Strategi Instan Assesment ditolak dan Ha diterima, artinya terdapat pengaruh hasil belajar yang signifikan ketika menggunakan strategi Instant Assesment pada mata pelajaran Akidah Akhlak di MTsN 5 Solok Selatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 07:11
Last Modified: 29 Sep 2022 07:11
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11042

Actions (login required)

View Item View Item