DEVIRA, IKHSANIAH (2022) IMPLEMENTASI PENILAIAN SIKAP PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN RUMPUN PAI DI MTSN 6 KOTA PADANG. Skripsi thesis, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan.
Text
Devira Ikhsaniah_1814010158_Cover, dll - Devira Ikhsaniah.pdf Download (654kB) |
|
Text
Devira Ikhsaniah_1814010158_Bab 1 - Devira Ikhsaniah.pdf Download (384kB) |
|
Text
Devira Ikhsaniah_1814010158_Bab 2 - Devira Ikhsaniah.pdf Restricted to Repository staff only Download (527kB) |
|
Text
Devira Ikhsaniah_1814010158_Bab 3 - Devira Ikhsaniah.pdf Download (327kB) |
|
Text
Devira Ikhsaniah_1814010158_Bab 4 - Devira Ikhsaniah.pdf Restricted to Repository staff only Download (464kB) |
|
Text
Devira Ikhsaniah_1814010158_Bab 5-Daftar Pustaka - Devira Ikhsaniah.pdf Download (267kB) |
|
Text
Devira Ikhsaniah_1814010158_Fulltext - Devira Ikhsaniah.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penilaian sikap yang kurang berjalan dengan maksimal dikarenakan banyaknya format khusus dalam penilaian, keterbatasan waktu dalam pembelajaran sehingga tidak semua teknik penilaian digunakan oleh pendidik secara utuh baik sikap spiritual maupun sikap sosial dan tidak diterapkannya instrumen penilain sikap, hal ini dikarenakan pendidik belum berpedoman pada instrumen yang dibuat pada RPP serta tidak ada rekap nilai khusus dalam penilaian sikap spiritual maupun sikap sosial karena karena hasil nilai sudah menjadi satu dalam rapor. Batasan masalah dalam penelitian ini yaitu: (1) Perencanaan penilaian sikap peserta didik pada mata pelajaran rumpun PAI di MTsN 6 Kota Padang, (2) Pelaksanaan penilaian sikap peserta didik pada mata pelajaran rumpun PAI di MTsN 6 Kota Padang, (3) Pengolahan dan pelaporan penilaian sikap peserta didik pada mata pelajaran rumpun PAI di MTsN 6 Kota Padang. Tujuan dalam penelitian ini adalah: untuk mengetahui perencanaan, pelaksanaan, pengolahan dan pelaporan penilaian sikap peserta didik pada mata pelajaran rumpun PAI di MTsN 6 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif. Pengumpulan data menggunakan metode observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Penelitian ini berhasil menemukan: (1) Perencanaan penilaian sikap peserta didik pada mata pelajaran rumpun PAI di MTsN 6 Kota Padang, pendidik telah melakukan perencanaan penilaian sikap namun kurang maksimal karena adanya ketidaksesuaian pada instrumen yang disajikan dalam RPP, seharusnya pendidik meyesuaikan instrumen penilaian sikap dengan teknik penilaian observasi yang digunakan pendidik, (2) Pelaksanaan penilaian sikap peserta didik pada mata pelajaran rumpun PAI di MTsN 6 Kota Padang, pendidik kurang maksimal dalam melaksanakan penilaian sikap peserta didik, karena pendidik hanya menggunakan penilaian observasi secara spontan di kelas, seharusnya dalam pelaksanaan penilaian sikap peserta didik, pendidik mempedomani instrumen penilaian observasi yang terdapat pada RPP, (3) Pengolahan dan pelaporan hasil penilaian sikap peserta didik pada mata pelajaran Rumpun PAI, pendidik tidak maksimal dalam melakukan pengolahan penilaian sikap peserta didik karena tidak ada bukti otentik bahwa pendidik telah melaksanakan pengolahan penilaian sikap peserta didik, seharusnya ada rekap khusus nilai sikap peserta didik, dan pada pelaporan hasil penilaian sikap peserta didik, pendidik melaporkan pada rapor peserta didik. Kata Kunci: Implementasi, Penilaian Sikap, Rumpun PAI.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 29 Sep 2022 04:30 |
Last Modified: | 30 Sep 2022 07:58 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11035 |
Actions (login required)
View Item |