PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI TPA AL-MUHAJIRIN UJUNG GADING PASAMAN BARAT

DEVI, SAFITRI (2022) PENERAPAN METODE TILAWATI DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MEMBACA AL-QUR’AN PESERTA DIDIK DI TPA AL-MUHAJIRIN UJUNG GADING PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Devi Safitri_1814010068_Cover dll - devi safitri.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Devi Safitri_1814010068 _Bab 1 _devi safitri.pdf

Download (697kB)
[img] Text
Devi Safitri_1814010068_Bab 2 _devi safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Devi Safitri_1814010068_Bab III _devi safitri.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Devi Safitri_1814010068_Bab IV - devi safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (633kB)
[img] Text
Devi Safitri_1814010068_Bab V - devi safitri.pdf

Download (578kB)
[img] Text
Devi Safitri_1814010068_Fulltext - devi safitri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi dengan adanya permasalahan yang ditemukan di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Pasaman Barat dalam kemampuan membaca Al-Qur’annya. Pelaksanaan metode Tilawati di TPA ini belum terlaksana dengan baik disamping adanya masalah yang harus dihadapi siswa dalam membaca Al-Qur’an. Salah satunya masih belum mantap dalam menerapkan tajwit sesuai tempatnya sehingga guru harus berusaha lebih maksimal dalam memberikan pemahaman tentang tajwid kepada siswa. Rumusan masalah dalam penelitian ini adalah Bagaimanakah Penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Pasaman Barat?. Batasan masalah yaitu: (1) Penerapan metode Tilawati di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Pasaman Barat. (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Pasaman Barat. Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah: (1) Untuk mengetahui penerapan metode Tilawati di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Pasaman Barat. (2) Untuk Mengetahui kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Ujung Gading Pasaman Barat Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (field research) dengan pendekatan deskriptif kualitatif yang bertujuan untuk mengetahui penerapan Metode Tilawati Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Peserta Didik Di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Pasaman Barat. Sumber data penelitian ini adalah Kepala TPA Al-Muhajirin, guru TPA, Peserta didik dan orang tua peserta didik. Alat pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan teknik pengolahan data adalah data yang yang telah dikumpulkan kemudian di olah dengan cara reduksi data, penyaian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini dapat dismpulkan bahwa (1) Pembelajaran metode Tilawati yang diterapkan di TPA Al-Muhajirin Ujung Gading Pasaman Barat efektif dan sudah sesuai dengan dengan ketentuan pelaksanaan metode Tilawati sendiri, yaitu dengan teknik klasikal dan baca simak. Hanya saja dalam penerapannya masih kurang maksimal, sehingga pelaksanaannya harus lebih ditingkatkan. (2) Kemampuan membaca Al-Qur’an peserta didik di TPA Al-Muhajirin dilihat ketika proses belajar berlangsung. Dan materi sesuai dengan yang diberikan guru.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 04:27
Last Modified: 29 Sep 2022 04:27
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11033

Actions (login required)

View Item View Item