IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTsN 2 PASAMAN BARAT

ANNI, MUTHI’AH (2022) IMPLEMENTASI MODEL PEMBELAJARAN TALKING CHIPS PADA MATA PELAJARAN FIQIH KELAS VII DI MTsN 2 PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Anni Muthi_ah_1814010019_COVER-DAFTAR ISI - 0019 Anni Muthi_ah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Anni Muthi_ah_1814010019_2. BAB I - 0019 Anni Muthi_ah.pdf

Download (646kB)
[img] Text
Anni Muthi_ah_1814010019_3. BAB II - 0019 Anni Muthi_ah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (648kB)
[img] Text
Anni Muthi_ah_1814010019_4. BAB III - 0019 Anni Muthi_ah.pdf

Download (242kB)
[img] Text
Anni Muthi_ah_1814010019_5. BAB IV - 0019 Anni Muthi_ah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
Anni Muthi_ah_1814010019_6. BAB V-DAPUS - 0019 Anni Muthi_ah.pdf

Download (653kB)
[img] Text
Anni Muthi_ah_1814010019_Fulltext - 0019 Anni Muthi_ah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (10MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sebagian besar peserta didik yang kurang aktif dalam proses pembelajaran, serta masih minimnya peserta didik yang mendengarkan penjelasan pendidik, serta peserta didik yang masih bermain-main dalam proses pembelajaran di kelas. Serta dalam proses pembelajaran pendidik masih terlihat kurang memvariasikan dalam menerapkan model pembelajaran di kelas. Diantara cara yang dapat meningkatkan keaktifan peserta didik dalam proses belajar adalah dengan menggunakan model pembelajaran Talking Chips. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 1). Perencanaan model pembelajaran Talking Chips pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Pasaman Barat, 2). Pelaksanaan model pembelajaran Talking Chips pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Pasaman Barat, 3). Evaluasi pendidik dengan menggunakan model Talking Chips pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Pasaman Barat, 4). Faktor pendukung dan penghambat Implementasi model Talking Chips pada mata pelajaran Fiqih di MTsN 2 Pasaman Barat. Jenis penelitian ini adalah field research (penelitian lapangan) dengan menggunakan metode deskriptif kualitatif. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, dokumentasi, dan wawancara langsung yang ditujukan kepada pendidik bidang studi pembelajaran fiqih, kepala sekolah, dan beberapa orang peserta didik. Hasil penelitian diperoleh, pertama perencanaan pembelajaran pendidik harus di siapkan sebelum melakukan proses belajar mengajar yaitu silabus, prota, promes, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP) bertujuan agar proses pembelajaran dengan menggunakan model Talking Chips berjalan dengan efektif. Kedua pelaksanan pembelajaran dengan menggunakan model Talking Chips pada mata pelajaran fiqih membuat suasana pembelajaran lebih menyenangkan, dapat membuat peserta didik aktif di kelas dan membuat peserta didik dapat dalam menyampaikan pendapatnya. Ketiga evaluasi pendidik dengan menggunakan model pembelajaran Talking Chips peserta didik sudah mampu melaksanakan model tersebut dengan baik dan mengenai hasil belajar peserta didik di MTsN 2 Pasaman Barat sudah terlihat maksimal. Keempat faktor pendukung dalam menerapkan model Talking Chips ini sudah sangat baik. Kata kunci: Model Pembelajaran Talking Chips, Pembelajaran Fiqih

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:36
Last Modified: 29 Sep 2022 03:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11027

Actions (login required)

View Item View Item