PENGEMBANGAN POCKET BOOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA MATERI ASMAUL HUSNA

ALDI, SAPRI (2022) PENGEMBANGAN POCKET BOOK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DAN BUDI PEKERTI KELAS X SMA MATERI ASMAUL HUSNA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Aldi Sapri_1814010062_Cover dll_ - Aldi Syafri Yt.pdf

Download (920kB)
[img] Text
Aldi Sapri_1814010062_Bab I - Aldi Syafri Yt.pdf

Download (671kB)
[img] Text
aldi sapri_1814010062_bab ll - Aldi Syafri Yt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Aldi Sapri_1814010062_bab lll - Aldi Syafri Yt.pdf

Download (543kB)
[img] Text
Aldi Sapri_1814010062_bab lV - Aldi Syafri Yt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (948kB)
[img] Text
Aldi Sapri_1814010062_bab V - Aldi Syafri Yt.pdf

Download (199kB)
[img] Text
Aldi Sapri_1814010062_produk pocket book - Aldi Syafri Yt.pdf

Download (2MB)
[img] Text
Aldi Sapri_1814010062_Fulltext - Aldi Syafri Yt.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah pada awal semester sekolah memberikan buku paket sebagai bahan ajar, buku yang diberikan banyak dan berat serta ukuran buku yang besar lebih membutuhkan banyak ruang. Pengembangan bahan ajar yang bervariasi dalam pembelajaran agar dapat menimbulkan minat belajar peserta didik pada pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Penelitian ini dibatasi pada bahan ajar menggunakan pocket book memiliki ukuran yang kecil sehingga dapat dibawa kemana saja tidak membutuhkan banyak ruang untuk menyimpannya. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan validitas dan praktikalitas dari bahan ajar. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau (research and development) dengan model pengembangan ADDIE yang meliputi lima tahap yaitu tahap Analysis (Analisis), tahap Design (Perancangan), tahap Develop (Pengembangan), tahap Implementasion (Implementasi) dan tahap Evaluation (Evaluasi). Instrumen yang digunakan adalah lembaran penilaian oleh validator/ para ahli. Lembaran penilaian diberikan kepada 3 orang validator/ para ahli yaitu ahli materi, ahli bahan ajar dan ahli bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa Bahan Ajar Pocket Book Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti Kelas X SMA Materi Asmaul Husna. Dari segi materi 88,3, bahan ajar 97,14, bahasa 92,5 (sangat valid). Kepraktisan produk oleh pendidik yaitu 93,33 dan oleh peserta didik skala kecil 80.00 dan dalam skala besar 86,94 (sangat praktis). Berdasarkan hasil analisis data, maka Bajan Ajar Pocket Book pembelajaran sudah valid serta praktis. Kata Kunci: Pengembangan, Bahan Ajar, Pocket Book, Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 03:10
Last Modified: 29 Sep 2022 03:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11020

Actions (login required)

View Item View Item