PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SCREENCAST O’MATIC PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MTsN 4

Sepri, Novita Dewi (2022) PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN DENGAN SCREENCAST O’MATIC PADA MATA PELAJARAN FIKIH KELAS VII MTsN 4. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sepri Novita Dewi_1714010076_ cover dll - Sepri novita Dewi.pdf

Download (635kB)
[img] Text
Sepri Novita Dewi_1714010076_BAB I - Sepri novita Dewi.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Sepri Novita Dewi_1714010076_BAB II - Sepri novita Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Sepri Novita Dewi_1714010076_BAB III - Sepri novita Dewi.pdf

Download (517kB)
[img] Text
Sepri Novita Dewi_1714010076_BAB IV - Sepri novita Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Sepri Novita Dewi_1714010076_BAB V dan Daftar Pustaka - Sepri novita Dewi.pdf

Download (227kB)
[img] Text
Sepri Novita Dewi_1714010076_Fulltext - Sepri novita Dewi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya minat belajar peserta didik pada mata pelajaran fikih tahun ajaran 2021/2022 kelas VII MTsN 4 Kota Padang. Disebabkan kurang bersemangatnya peserta didik dalam mengikuti pembelajaran karena pembelajaran fikih yang memuat tentang hukum-hukum Islam yang dikaji secara mendalam. Begitu juga dengan media yang digunakan oleh pendidik kurang membuat peserta didik tertarik dalam mengikuti pembelajaran. Hal demikian yang membuat peserta didik bosan dalam mengikuti pembelajaran fikih. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kelayakan validitas, praktikalitas dari media. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian pengembangan atau (research and development) dengan model pengembangan ADDIE, disini peneliti memakai empat tahap yaitu tahap Analysis (Analisis), tahap Design (Perancangan), tahap Development (Pengembangan), dan tahap Implementasion (Implementasi). Instrumen yang digunakan adalah lembaran penilaian oleh validator/ para ahli. Lembaran penilaian diberikan kepada 3 orang validator/ para ahli yaitu ahli materi, media dan bahasa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa media pembelajaran video menggunakan Screencast O’Matic pada materi tayamum kelas VII di MTsN 4 Kota Padang. Setelah diuji kevalidan dari materi, media dan bahasa maka memperoleh hasil dari segi materi sangat valid (90,90), dari segi media memperoleh hasil sangat valid (92,30), dan dari segi bahasa juga memperoleh hasil sangat valid (90,26). Kepraktisan produk oleh pendidik sangat valid (89,5) dan oleh peserta didik skala kecil sangat praktis (85,4) dan dalam skala besar sangat praktis (83,5). Berdasarkan hasil analisis data media pembelajaran menggunakan Screencast O’Matic yang valid, dan praktis, maka penelitian ini dapat digunakan untuk pembelajaran fikih. Kata Kunci: Pengembangan, Media Screencast O’Matic, Tayamum

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:36
Last Modified: 29 Sep 2022 02:36
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11015

Actions (login required)

View Item View Item