IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 2 BUKIK BARISAN KABUPATEN 50 KOTA

KHOMISATUN, AULIA (2022) IMPLEMENTASI METODE PEMBELAJARAN SCRAMBLE PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM KELAS VII DI SMPN 2 BUKIK BARISAN KABUPATEN 50 KOTA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Khomisatun Aulia_1714010017_Cover,dll - Khomisatun Aulia.pdf

Download (862kB)
[img] Text
Khomisatun Aulia_1714010017_Bab I - Khomisatun Aulia.pdf

Download (638kB)
[img] Text
Khomisatun Aulia_1714010017_Bab II - Khomisatun Aulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (554kB)
[img] Text
Khomisatun Aulia_1714010017_Bab III - Khomisatun Aulia.pdf

Download (284kB)
[img] Text
Khomisatun Aulia_1714010017_Bab IV - Khomisatun Aulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (665kB)
[img] Text
Khomisatun Aulia_1714010017_Bab V-Daftar Pustaka - Khomisatun Aulia.pdf

Download (390kB)
[img] Text
Khomisatun Aulia_1714010017_Fulltext - Khomisatun Aulia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh kurangnya peserta didik dalam memahami materi, sehingga pendidik harus menggunakan berbagai model, strategi dan metode dalam pembelajaran. Pendidik memberikan umpan balik kepada peserta didik agar dapat menunjang keaktifan peserta didik. Dengan ini Metode pembelajaran scramble dapat membantu permasalahan peserta didik Metode pembelajaran scramble merupakan suatu metode pembelajaran dengan memberi kesempatan kepada peserta didik dan mencari dan menemukan jawaban pembelajaran secara berkelompok. Identifikasi masalah dalam penelitian ini: Perilaku peserta didik yang beragam dalam memahami materi, sehingga peserta didik harus menggunakan berbagai model, strategi dan metode dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui perencanaan, penerapan dan hasil belajar peserta didik mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bukik Barisan. Penelitian menggunakan jenis penelitian fierld research (penelitian lapangan). Menggunakan penelitian kualitatif melalui pendekatan deskriptif. Data primer dalam penelitian ini adalah kepala sekolah, waka kurikulum dan pendidik mata pelajaran pendidikan agama Islam dan peserta didik, sedangkan untuk memperoleh data, peneliti menggunakan wawancara terstruktur. Sumber data sekunder diperoleh dari RPP, silabus dan buku nilai pada peserta didik kelas VII di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Nagari 2 Bukik Barisan. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan metode pembelajaran scramble Mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Sekolah Menengah Pertama (SMP) Negeri 2 Bukik Barisan, Pertama, adanya perencanaan yang tersusun yang dibuat pendidik dalam bentuk Rencana Pelaksanaan Pembelajaran (RPP). Kedua, Pelaksanaan pembelajaran menggunakan Metode Pembelajaran Scramble kelas VII sudah terlaksana sepenuhnya sesuai dengan RPP yang dibuat pendidik, untuk kedepannya diharapkan pendidik melaksanakan pembelajaran berpaduan pada RPP yang telah dibuat. Ketiga, Hasil belajar mengunakan metode pembelajaran Scamble sudah meningkat dan nilainya diatas KKM. Kata Kunci : Metode Pembelajaran Scramble, Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 02:02
Last Modified: 29 Sep 2022 02:02
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11006

Actions (login required)

View Item View Item