PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) USWATUN HASANAH KECAMATAN KAPUR IX

INDRIANI, GUSTINA (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI MADRASAH DINIYAH TAKMILIYAH AWALIYAH (MDTA) USWATUN HASANAH KECAMATAN KAPUR IX. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Indriani Gustina_1714010005_Cover,dll - Indriani Gustina.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Indriani Gustina_1714010005_Bab I - Indriani Gustina.pdf

Download (687kB)
[img] Text
Indriani Gustina_1714010005_Bab II - Indriani Gustina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (687kB)
[img] Text
Indriani Gustina_1714010005_Bab III - Indriani Gustina.pdf

Download (381kB)
[img] Text
Indriani Gustina_1714010005_Bab IV - Indriani Gustina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (530kB)
[img] Text
Indriani Gustina_1714010005_Bab V - Daftar Pustaka - Indriani Gustina.pdf

Download (370kB)
[img] Text
Indriani Gustina_1714010005_Fulltext - Indriani Gustina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh posisi mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di MDTA sebagai pelengkap pembelajaran Pendidikan Agama Islam di SD/MI maupun pada tingkat pendidikan sederajat, karena pendidikan keagamaan di sekolah formal masih kurang memadai jam pelajarannya. Hal lain yang melatar belakangi penelitian ini adalah posisi MDTA yang merupakan MDTA satu-satunya di Nagari Lubuak Alai. Pendidik yang mengajar di MDTA sebagian besar tidak berlatar belakang pendidikan keagamaan.Metode yang diterapkan pendidik masih menggunakan metode konvensional yaitu metode ceramah.Oleh sebab itu peneliti ingin mengetahui bagaimana Implementasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam di MDTA Uswatun Hasanah Kecamatan Kapur IX. Penelitian ini memiliki rumusan masalah yaitu : (1) Bagaimana cara belajar peserta didik di MDTA Uswatun Hasanah Kecamatan Kapur IX; (2) Bagaimana metode pembelajaran yang digunakan pendididik di MDTA Uswatun Hasanah Kecamatan Kapur IX; (3) Bagaimana hasil belajar peserta didik di MDTA Uswatun Hasanah Kecamatan Kapur IX. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui : (1) Cara belajar peserta didik di MDTA Uswatun Hasanah Kecamatan Kapur IX; (2) Metode pembelajaran yang digunakan pendidik di MDTA Uswatun Hasanah Kecamatan Kapur IX; (3) Hasil belajar peserta didik di MDTA Uswatun Hasanah Kecamatan Kapur IX. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus dengan metode dekriptif kualitatif.Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara dan dokumentasi.Teknik analisis data yang digunakan adalah reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu : (1) Cara belajar peserta didik yang diterapkan dapat memberikan keefektifan dalam belajar mesti harus ditetapkan dan diatur agar berjalan sesuai tujuan. Jika tidak diatur sedemikian maka akan menjadi hambatan dalam meningkatkan hasil belajar; (2) Metode pembelajaran yang digunakan pendidik dalam pembelajaran adalah metode ceramah dan tanya jawab. Meskipun metode yang digunakan tergolong metode konvensional namun efektif dalam menunjang pembelajaran; (3) Hasil belajar peserta didik baik, karena cara belajar dan metode pembelajaran berjalan efektif maka menghasilkan hasil belajar yang baik. Kata kunci : Pelaksanaan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 29 Sep 2022 01:57
Last Modified: 29 Sep 2022 01:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/11005

Actions (login required)

View Item View Item