PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHSIN DAN TAHFIZH DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL-QURAN DI PONDOK TAHFIZH QUR’AN TAZKIYAH 6 SURANTIH KABUPATEN PESISIR SELATAN

SANORADYA, SANORADYA (2022) PELAKSANAAN PEMBELAJARAN TAHSIN DAN TAHFIZH DALAM KEGIATAN MENGHAFAL AL-QURAN DI PONDOK TAHFIZH QUR’AN TAZKIYAH 6 SURANTIH KABUPATEN PESISIR SELATAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sanoradya_1614010241_Cover,dll - Sanora Dya.pdf

Download (943kB)
[img] Text
Sanoradya_1614010241_Bab I - Sanora Dya.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sanoradya_1614010241_Bab II - Sanora Dya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Sanoradya_1614010241_Bab III - Sanora Dya.pdf

Download (383kB)
[img] Text
Sanoradya_1614010241_Bab IV - Sanora Dya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Sanoradya_1614010241_Bab V dan Daftar Pustaka - Sanora Dya.pdf

Download (239kB)
[img] Text
Sanoradya_1614010241_Fulltext - Sanora Dya.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Latar belakang dari penelitian ini adalah kurangnya pemahaman dan pengaplikasian ilmu tajwid oleh santri saat membaca Al-Qur’an. Selain itu, masih banyak santri yang masih belum memiliki kemampuan membaca Al-Qur’an dengan fasih, khususnya santri baru. Oleh karena itu, dibutuhkan penanganan serius untuk menerapkan program tahsin sebelum memasuki pembelajaran tahfizh Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui : (1) Pelaksanaan pembelajaran tahsin dan Tahfizh dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfizh Qur’an Tazkiyah 6 Surantih Kabupaten Pesisir Selatan; (2) Media apa saja yang digunakan pada Pelaksanaan pembelajaran tahsin dan Tahfizh dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfizh Qur’an Tazkiyah 6 Surantih Kabupaten Pesisir Selatan; (3) Faktor Penghambat dan pendukung Pelaksanaan pembelajaran tahsin dan Tahfizh dalam kegiatan menghafal Al-Quran di Pondok Tahfizh Qur’an Tazkiyah 6 Surantih Kabupaten Pesisir Selatan. Penelitian ini merupakan penelitian lapangan (Field Research) dengan metode deskriptif kualitatif. Alat pengumpulan data dalam penelitian ini adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah seleksi data, klarifikasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini yaitu : (1) Penggunaan metode pembelajaran tahsin dan Tahfizh dalam kegiatan menghafal Al-Qur’an di Pondok Tahfizh Qur’an Tazkiyah 6 Surantih Kabupaten Pesisir Selatan pada pembelajaran tahsin guru mengkolaborasikan beberapa metode yaitu metode iqra, metode tartil, dan metode tilawatiy. Pada pembelajaran tahfizh guru mengkolaborasikan metode muraja’ah, metode takrir dan metode talaqqi. Pelaksanaan tersebut dilaksanakan sesuai tingkat pemahaman santri; (2) Media yang dipakai guru dalam proses pembelajaran tahsin dan Tahfizh Al-Qur’an yaitu media cetak seperti: Al-Qur’an, buku iqra’, juz’amma, buku metode Asy-Syafi’i kelas iqra’ dan kelas tajwid, buku panduan doa dan dzikir. Media visual seperti: papan tulis/whiteboard, gambar huruf hijaiyah, untuk media audio seperti: kaset, speaker murottal Al-Qur’an dan media audiovisual biasanya dikreasikan oleh guru dengan memutar video hafizh dan hafizah membaca Al-Qur’an dari laptop; (3) Faktor yang menjadi pendukung pembelajaran tahsin dan tahfizh Al-Qur’an adalah keberadaan sarana dan prasarana, alat belajar, donatur yang memfasilitasi, tenaga guru, media pembelajaran, lingkungan sosial dan dukungan dari orang tua. Sedangkan yang menjadi faktor penghambat minat dan motivasi santri yang kurang, kesibukan dengan tugas di sekolah formal, kurangnya ruang kelas, dan ada beberapa santri yang kurang perhatian dari orang tua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:56
Last Modified: 28 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10987

Actions (login required)

View Item View Item