PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MEMPERBAIKI HAFALAN Al-QUR’AN PESERTA DIDIK DI ASRAMA PUTRA KELAS VII MTSN PADANG PANJANG

WAWAN, SURYAWAN (2022) PENERAPAN METODE TAKRIR DALAM MEMPERBAIKI HAFALAN Al-QUR’AN PESERTA DIDIK DI ASRAMA PUTRA KELAS VII MTSN PADANG PANJANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Wawan Suryawan_15141010175_Cover, dll - Wawan Muzammil Suryawan.pdf

Download (400kB)
[img] Text
Wawan Suryawan_1514010175_BAB I - Wawan Muzammil Suryawan.pdf

Download (376kB)
[img] Text
Wawan Suryawan_1514010175_BAB II - Wawan Muzammil Suryawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (598kB)
[img] Text
Wawan Suryawan_1514010175_BAB III - Wawan Muzammil Suryawan.pdf

Download (324kB)
[img] Text
Wawan Suryawan_1514010175_BAB IV - Wawan Muzammil Suryawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (461kB)
[img] Text
Wawan Suryawan_1514010175_BAB V - Wawan Muzammil Suryawan.pdf

Download (161kB)
[img] Text
Wawan Suryawan_1514010175_Fulltex - Wawan Muzammil Suryawan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh fenomena di lapangan yaitu kurang bersemangatnya peserta didik, ketika mengulang hafalan bahkan lebih cenderung tidak diulang kembali. Sehingga, ketika ayat Al-Qur’an sudah dihafal namun tidak ada diulang kembali, hal itu membuat hafalan yang sudah ada menjadi lupa atau hilang. Penerapan metode takrir merupakan salah satu bentuk metode yang diterapkan ke peserta didik, dimana peserta didik ketika menghafal selalu mengulang-ngulang ayat yang akan dihafal, sehingga dengan pengulangan itu peserta didik lebih mudah mengingat ayat demi ayat dan tidak mudah hilang dalam ingatan peserta didik. Batasan masalah penelitian ini adalah memperbaiki hafalan Al-Qur’an peserta didik di asrama putra kelas VII MTsN Padang Panjang yang sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dengan menggunakan metode Takrir. Rumusan masalah penelitian ini adalah penerapan metode takrir dalam memperbaiki hafalan Al- Qur’an peserta didik di Asrama Putra Kelas VII MTsN Padang Panjang. Tujuan penelitian ini adalah untuk memperbaiki hafalan Al-Qur’an peserta didik di asrama putra kelas VII MTsN Padang Panjang, agar sesuai dengan kaidah ilmu tajwid dengan menggunakan Metode Takrir. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah jenis penelitian eksperimen dengan jumlah sampel sebanyak 2 lokal. lokal kontrol sebanyak 31 peserta didik, sedangkan lokal eksperimen sebanyak 26 peserta didik. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah Tes lisan. Berdasarkan analisis data yang dilakukan dengan SPSS maka diperoleh hasil Penerapan metode takrir berpengaruh signifikan terhadap hafalan Al-Qur’an peserta didik di Asrama Putra Kelas VII MTsN Padang Panjang. Hal ini terlihat dari perbedaan yang signifikan antara nilai hafalan Al-Qur’an anak kelas eksperimen sebelum diterapkannya metode Takrir dengan sesudah diterapkannya metode Takrir. Dimana nilai hafalan anak kelas eksperimen yang menerapkan metode Takrir lebih tinggi dari kelas eksperimen yang tidak menerapkan metode Takrir. Kata Kunci: Penerapan, Metode Takrir, Memperbaiki Hafalan Al-Qur’an

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Pendidikan Agama Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:30
Last Modified: 28 Sep 2022 07:30
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10984

Actions (login required)

View Item View Item