IDARAH MASJID RAYA AL-KARIM KOTO KACIAK KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM

FAJRI, SAPUTRA (2021) IDARAH MASJID RAYA AL-KARIM KOTO KACIAK KECAMATAN TANJUNG RAYA KABUPATEN AGAM. Skripsi thesis, UNIVERSITAS ISLAM NEGERI IMAM BONJOL PADANG.

[img] Text
FAJRI SAPUTRA_1712030052_Bab I - Fajri Saputra Koto.pdf

Download (590kB)
[img] Text (Bab II)
FAJRI SAPUTRA_1712030052_Bab II - Fajri Saputra Koto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (433kB)
[img] Text
FAJRI SAPUTRA_1712030052_Bab III - Fajri Saputra Koto.pdf

Download (301kB)
[img] Text (Bab IV)
FAJRI SAPUTRA_1712030052_Bab IV - Fajri Saputra Koto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (816kB)
[img] Text
FAJRI SAPUTRA_1712030052_Bab V-Daftar Pustaka - Fajri Saputra Koto.pdf

Download (133kB)
[img] Text
FAJRI SAPUTRA_1712030052_Cover,dll - Fajri Saputra Koto.pdf

Download (383kB)
[img] Text (Fulltext)
FAJRI SAPUTRA_1712030052_Fulltext - Fajri Saputra Koto.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Skripsi dengan judul Idarah Masjid Raya Al-Karim Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam, disusun oleh Fajri Saputra, NIM 1712030052 Mahasiswa Jurusan Manajemen Dakwah, Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2021, 106 halaman. Masjid Raya Al-Karim terletak di Nagari Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Masjid Raya Al-Karim mempunyai berbagai program Idarah, yaitu pada bagian administrasi. Administrasi di Masjid Raya Al- Karim kurang tertata dengan rapi seperti pembukuan keuangan masjid, pembukuan agenda rapat, pembukuan inventaris, serta surat menyurat. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui administrasi pembukuan keuangan, agenda rapat, inventaris, dan surat menyurat Masjid Raya Al-Karim Koto Kaciak Kecamatan Tanjung Raya Kabupaten Agam. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif dengan pendekatan penelitian deskriptif. Sumber data primer yaitu ketua, bendahara umum, sekretaris umum, dan wakil ketua bidang dakwah dan pendidikan dan data sekunder yaitu banner, spanduk, struktur kepengurusan, visi misi masjid, slogan dan hal lainnya. Teknik pengumpulan data adalah observasi, wawancara, dan studi dokumentasi. Hasil penelitian yaitu pertama, terdapat pembukuan keuangan, serta anggaran pendapatan belanja setiap tahunnya, namun kurang rapi. Adapun yang bertanggung jawab adalah bendahara dan dibantu oleh bidang keuangan, namun yang bertanggung jawab secara penuh adalah ketua. Laporan keuangan terdiri atas mingguan, bulanan dan tahunan. Pembukuan ini menggunakan prinsip amanah/kejujuran, bertanggung jawab, transparan, kejelasan, ketelitian, dan tanpa pamrih. Kedua, adanya buku agenda rapat, apabila diselenggarakan rapat, agenda rapat tersebut dibukukan dalam sebuah buku agenda rapat, akan tetapi belum tersusun dengan rapi. Adapun yang bertanggung jawab adalah sekretaris dibantu notulis dan diketahui ketua. Ketiga, terdapat pembukuan inventaris, yang bertanggung jawab adalah bendahara, dibantu seksi pemeliharaan dan perbaikan. Adapun kondisi inventaris yang ada secara umum masih baik. Untuk perawatan atau pengelolaan dirawat oleh seksi pemeliharaan dan perbaikan serta dibantu seksi keamanan. Keempat, terdapat buku agenda surat masuk dan keluar namun masih kumpulan surat masuk dan keluar belum sesuai format buku agenda surat masuk dan keluar. Buku agenda surat tersebut relatif tersusun dimana surat ditujukan kepada lembaga instansi, pengurus dan jama’ah. Disimpan di lemari arsip dalam ruang sekretariat. Untuk yang bertanggung jawab tentang surat menyurat adalah sekretaris, dibantu oleh seksi humas serta diketahui oleh ketua.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Manajemen Dakwah
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 28 Sep 2022 07:44
Last Modified: 28 Sep 2022 07:44
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10983

Actions (login required)

View Item View Item