EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LKPD BERDASARKAN KERANGKA KERJA TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 4 AGAM

FAIZAH, QURATU AINI (2022) EFEKTIVITAS PENGGUNAAN LKPD BERDASARKAN KERANGKA KERJA TPACK TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS DAN DISPOSISI MATEMATIS PESERTA DIDIK KELAS X MAN 4 AGAM. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Faizah Quratu Aini_1814040008_Cover,dll - 0008 Faizah Quratu Aini.pdf

Download (488kB)
[img] Text
Faizah Quratu Aini_1814040008_Bab I - 0008 Faizah Quratu Aini.pdf

Download (562kB)
[img] Text
Faizah Quratu Aini_1814040008_Bab II - 0008 Faizah Quratu Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (287kB)
[img] Text
Faizah Quratu Aini_1814040008_Bab III - 0008 Faizah Quratu Aini.pdf

Download (604kB)
[img] Text
Faizah Quratu Aini_1814040008_Bab IV - 0008 Faizah Quratu Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (390kB)
[img] Text
Faizah Quratu Aini_1814040008_Bab V-Daftar Pustaka - 0008 Faizah Quratu Aini.pdf

Download (343kB)
[img] Text
Faizah Quratu Aini_1814040008_Fulltext - 0008 Faizah Quratu Aini.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurang mendukungnya media yang digunakan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis dan disposisi matematis peserta didik di MAN 4 Agam tahun pelajaran 2021/2022. Salah satu cara yang dapat dilakukan adalah dengan menggunakan LKPD berdasarkan kerangka kerja TPACK. Penelitian ini bertujuan untuk 1) mengetahui kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan LKPD berdasarkan kerangka kerja TPACK lebih tinggi dari kemampuan pemecahan masalah peserta didik yang belajar dengan menggunakan LKPD biasa dikelas X MAN 4 Agam. 2) mengetahui disposisi matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan LKPD berdasarkan kerangka kerja TPACK di kelas X MAN 4 Agam. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan rancangan Posttest Only Control Group Design. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas X MAN 4 Agam yang terdiri dari 5 kelas. Untuk mendapatkan sampel menggunakan simple random sampling, maka terlebih dahulu dilakukan uji normalitas, uji homogenitas dan uji kesamaan rata-rata. Kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas X.2 dan kelas kontrol adalah kelas X.3. Instrumen yang digunakan adalah tes kemampuan pemecahan masalah. Teknik analisis data yang digunakan untuk menguji hipotesis adalah uji-t dan angket disposisi matematis yang dianalisis dengan skala likert. Hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas eksperimen adalah 73,47 dan kelas kontrol adalah 54,51. Uji hipotesis menggunakan uji-t dengan pada taraf kepercayaan 95% diperoleh . Hal ini berarti maka keputusannya ditolak dan diterima, artinya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan menggunakan LKPD berdasarkan kerangka kerja TPACK lebih tinggi daripada kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik yang belajar dengan LKPD biasa. Selanjutnya nilai rata-rata disposisi matematis kelas eksperimen yaitu 80,03 yang mana termasuk kategori sangat tinggi. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan LKPD berdasarkan kerangka kerja TPACK efektif terhadap kemampuan pemecahan masalah dan disposisi matematis peserta didik kelas X MAN 4 Agam. Kata Kunci : LKPD Berdasarkan Kerangka Kerja TPACK, Kemampuan Pemecahan Masalah Matematis, Disposisi Matematis.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:56
Last Modified: 27 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10957

Actions (login required)

View Item View Item