ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X IPA 8 DI MAN 2 KOTA PADANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL MENGGUNAKAN INDIKATOR PISA

ELVIZZA, RAHAYU (2022) ANALISIS TINGKAT KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS X IPA 8 DI MAN 2 KOTA PADANG DALAM MENYELESAIKAN SOAL MENGGUNAKAN INDIKATOR PISA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Elvizza Rahayu_1814040015_Cover,dll - 0015 Elvizza Rahayu.pdf

Download (802kB)
[img] Text
ELVIZZA RAHAYU_1814040015_Bab 1 benar - 0015 Elvizza Rahayu.pdf

Download (493kB)
[img] Text
ELVIZZA RAHAYU_1814040015_Bab2 - 0015 Elvizza Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (795kB)
[img] Text
ELVIZZA RAHAYU_1814040015_Bab 3 - 0015 Elvizza Rahayu.pdf

Download (153kB)
[img] Text
ELVIZZA RAHAYU_1814040015_Bab 4 - 0015 Elvizza Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
ELVIZZA RAHAYU_1814040015_Bab5pdf - 0015 Elvizza Rahayu.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Elvizza Rahayu_1814040015_Full Text - 0015 Elvizza Rahayu.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (11MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil PISA sejak tahun 2000 sampai 2018 dimana Indonesia selalu masuk ke dalam 10 negara dengan kemampuan literasi matematika rendah. Pada Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kemampuan literasi matematika peserta didik dalam menyelesaikan soal yang diadaptasi dari PISA pada tingkat kemampuan literasi matematika rendah, sedang dan tinggi. Jenis penelitian ini adalah deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian ini adalah peserta didik dari kelas X IPA 8 di MAN 2 kota Padang dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan literasi matematika peserta didik pada kelas X IPA 8 di MAN 2 kota Padang. Pengambilan subjek dilakukan dengan cara memilih tiga peserta didik dari masing-masing tingkat kemampuan literasi matematika yaitu peserta didik kemampuan literasi matematika rendah (KR), kemampuan literasi matematika sedang (KS) dan kemampuan literasi matematika tinggi (KT) berdasarkan hasil tes soal PISA dikelas X IPA 8. Peserta didik dengan ) masuk kategori tingkat kemampuan literasi matematika rendah, (30 masuk kategori tingkat kemampuan literasi matematika sedang dan masuk kategori kemampuan literasi matematika tingkat tinggi. Kemudian ke sembilan subjek diwawancarai setelah selesai mengerjakan soal tes yang diberikan. Berdasarkan hasil analisis diperoleh bahwa peserta didik pada tingkat kemampuan literasi matematika rendah (KR) mampu mengerjakan 2 soal tes untuk mengukur kemampuan literasi pada level 1 dan level 2, KR 1, KR 2 dan KR 3 mampu memenuhi semua indikator pada level 1 dan level 2. Pada peserta didik tingkat kemampuan literasi matematika sedang (KS) mampu mengerjakan soal tes untuk mengukur kemampuan literasi sebanyak 4 soal dan mampu memenuhi semua indikator pada level 1 sampai pada level 4. Pada peserta didik tingkat kemampuan literasi matematika tinggi (KT) mampu mengerjakan soal nomor 1 sampai nomor 6, KT 1 mampu memenuhi semua indikator pada level 1 sampai pada level 6, sedangkan KT 1 dan KT 3 hanya mampu memenuhi indikator level 1 sampai indikator pertama level 5. Sehingga dapat disimpulkan bahwa peserta didik tingkat kemampuan literasi matematika rendah (KR) berada pada level 2, peserta didik tingkat kemampuan literasi matematika sedang (KS) pada level 4 dan peserta didik tingkat kemampuan literasi matematika tinggi (KT) berada pada level 4 sampai 6.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:51
Last Modified: 27 Sep 2022 07:51
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10956

Actions (login required)

View Item View Item