PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP KEMAMAMPUAN PEM AHAMAN KONSEP DAN CURIOSITY PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PADANG

DESMALIA, DESMALIA (2022) PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN CONCEPTUAL UNDERSTANDING PROCEDURES TERHADAP KEMAMAMPUAN PEM AHAMAN KONSEP DAN CURIOSITY PESERTA DIDIK PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA KELAS VII DI SMP NEGERI 5 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
_DESMALIA_1814040041_COVER - Desmalia _.pdf

Download (2MB)
[img] Text
DESMALIA_1814040041_BAB I - Ya Ya_.pdf

Download (828kB)
[img] Text
DESMALIA_1814040041_BAB II - Ya Ya_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (592kB)
[img] Text
DESMALIA_1814040041_BAB III - Ya Ya_.pdf

Download (4MB)
[img] Text
DESMALIA_1814040041_BAB IV - Ya Ya_.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (677kB)
[img] Text
DESMALIA_1814040041_BAB V - Ya Ya_.pdf

Download (758kB)
[img] Text
_DESMALIA_1814040041_FULLTEKS - Desmalia _.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan pemahaman konsep dan curiosity peserta didik. Hal ini disebabkan karena peserta didik mengalami kesulitan dalam menyatakan ulang suatu konsep dan menyajikan konsep dalam bentuk representasi matematika, faktor lainnya adalah rendanya antusias peserta didik dalam mencari jawaban dan minimnya kegiatan bertanya peserta didik. Salah satu cara yang dapat dilakukan untuk mengatasi hal tersebut adalah dengan menerapkan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kemampuan pemahaman konsep dan curiosity peserta didik yang belajar dengan model pembelajaran Conceptual Understanding Procedures (CUPs) lebih tinggi dari pada peserta didik yang belajar dengan pembelajaran saintifik di kelas VII SMPN 5 Padang. Jenis penelitian ini adalah eksperimen-semu (quasi experimental research) dengan randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah peserta didik kelas VII SMPN 5 Padang tahun pelajaran 2021/2022 yang terdiri dari 9 kelas sebanyak 284 peserta didik. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah random sampling. Sampel yang terpilih sebagai kelas eksperimen adalah kelas VII.8 dan kelas kontrol adalah kelas VII.6. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes kemampuan pemahaman konsep menggunakan uji-t, angket menggunakan skala likert dan lembar observasi curiosity menggunakan analisis pesentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rata-rata kemampuan pemahaman konsep kelas eksperimen adalah 74 dan kelas kontrol adalah 63. Setelah dilakukan uji hipotesis menggunakan uji-t, maka diperoleh ttabel = 1,67 dan thitung =2,18 sehingga didapatkan thitung (2,18) > ttabel (1,67) pada selang kepercayaan 95%, maka H0 di tolak dan H1 diterima, sehingga dapat disimpulkan bahwa kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik kelas eksperimen lebih tinggi daripada kelas kontrol. Hasil angket curiosity peserta didik menunjukkan , dan lembar observasi curiosity peserta didik menujukkan , sehingga dapat disimpulkan bahwa curiosity peserta didik yang diajar dengan menggunakan model pembelajaran Conceptual Undersatnding Procedures (CUPs) dengan kriteria baik sekali, jadi kemampuan pemahaman konsep matematika peserta didik dan curiosity peserta didik yang menggunakan model pembelajaran Conceptual Undersatnding Procedures (CUPs) sangat baik. Kata Kunci : Model Pembelajaran CUPs, Pemahaman Konsep, Curiosity

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 27 Sep 2022 07:43
Last Modified: 27 Sep 2022 07:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10955

Actions (login required)

View Item View Item