ZIKRI, PUTRI KASARI (2022) PENGARUH MODEL CREATIVE PROBLEM SOLVING (CPS) BERBANTUAN VIDEO PEMBELAJARAN TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH MATEMATIS PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
ZIKRI PUTRI KASARI_1714040027_COVER, DLL - Popy Fauziah Taufana.pdf Download (1MB) |
|
Text
ZIKRI PUTRI KASARI_1714040027_BAB I - 17_0027 Zikri Putri Kasari.pdf Download (799kB) |
|
Text
ZIKRI PUTRI KASARI_1714040027_BAB II - 17_0027 Zikri Putri Kasari.pdf Restricted to Repository staff only Download (723kB) |
|
Text
ZIKRI PUTRI KASARI_1714040027_BAB III - 17_0027 Zikri Putri Kasari.pdf Download (791kB) |
|
Text
ZIKRI PUTRI KASARI_1714040027_BAB IV - 17_0027 Zikri Putri Kasari.pdf Restricted to Repository staff only Download (625kB) |
|
Text
ZIKRI PUTRI KASARI_1714040027_BAB V, DAFTAR PUSTAKA - 17_0027 Zikri Putri Kasari.pdf Download (849kB) |
|
Text
ZIKRI PUTRI KASARI_1714040027_FULL TEXT - Popy Fauziah Taufana.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik kelas VIII MTsN 4 Agam. Salah satu cara yang dapat digunakan untuk mempengaruhi hasil kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik adalah dengan menerapkan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh positif dan signifikan penerapan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Jenis penelitian ini adalah eksperimen semu dengan desain penelitian One Shot Case Study. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII.5 MTsN 4 Agam Tahun Ajaran 2021/2022. Pengambilan sampel menggunakan purposive sampling dan kelas yang dipilih sebagai sampel adalah kelas VIII.5. Instrumen yang digunakan adalah angket dan tes kemampuan pemecahan masalah. Analisis data yang digunakan adalah uji normalitas, uji linearitas, dan uji hipotesis menggunakan uji regresi sederhana. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, diketahui rata-rata angket adalah 80 dan rata-rata tes kemampuan pemecahan masalah adalah 85. Dengan koefisien korelasinya adalah yang menunjukkan tingkat korelasi yang sangat kuat. Pada uji hipotesis yang menggunakan regresi sederhana dengan rumus uji F didapatkan bahwa nilai , yaitu . Jadi ditolak dan diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh positif dan signifikan penerapan model Creative Problem Solving (CPS) berbantuan video pembelajaran dengan kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik. Kata Kunci: Model Creative Problem Solving, Kemampuan Pemecahan Masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:39 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:39 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10954 |
Actions (login required)
View Item |