SYAHLUL, ERBI SYAPUTRA (2022) ANALISIS KONSEP GEOMETRI PADA UKIRAN RUMAH GADANG SEBAGAI STUDI AWAL PERANCANGAN KOMIK PEMBELAJARAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Cover, dll - Abi Putra.pdf Download (927kB) |
|
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Bab I - Abi Putra.pdf Download (598kB) |
|
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Bab II - Abi Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (883kB) |
|
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Bab III - Abi Putra.pdf Download (536kB) |
|
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Bab IV - Abi Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
|
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Bab V - Daftar Pustaka - Abi Putra.pdf Download (495kB) |
|
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Fulltext - Abi Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (10MB) |
|
Text
Syahlul Erbi Syaputra_1714040031_Produk - Abi Putra.pdf Download (12MB) |
Abstract
kebudayaan Minangkabau khususnya ukiran Rumah Gadang serta minimnya penggunaan media komik dalam pembelajaran matematika. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui unsur-unsur geometri pada ukiran Rumah Gadang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan perancangan komik pembelajaran matematika serta mengetahui validitas komik pembelajaran matematika berbasis unsur geometri ukiran Rumah Gadang. Penelitian yang dilakukan adalah jenis penelitian kualitatif deskriptif eksploratif dengan metode pengumpulan data observasi, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian dilanjutkan dengan penelitian pengembangan menggunakan model pengembangan tipe 4D (Define, Design, Develop, and Desseminate). Subjek penelitian ini adalah 2 orang ahli ukir, 1 orang ahli budaya, 1 orang pengamat budaya sekaligus kepala bidang pelayanan dan edukasi Museum Adityawarman, wali nagari Pandai Sikek, serta 3 orang karyawan Rumah Gadang. Objek penelitian adalah konsep-konsep geometri pada ukiran Rumah Gadang yang dapat dimanfaatkan sebagai bahan perancangan komik pembelajaran matematika. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsep geometri pada ukiran Rumah Gadang yang dapat dijadikan sebagai bahan perancangan komik pembelajaran matematika dapat dilihat pada bidang ukiran, bentuk asal ukiran, serta motif ukiran. Konsep geometri yang diperoleh, di antaranya yaitu konsep bangun datar, simetri, dan transformasi geometri. Selanjutnya dipilih konsep geometri dominan untuk dikembangkan menjadi sebuah komik pembelajaran matematika dengan judul “Menggo (Mengenal Geometri)” dengan dua subjudul yaitu “Persegi vs Belah Ketupat” dan “Apakah Lingkaran itu Bulat?”. Berdasarkan hasil uji validitas media pembelajaran dengan 3 orang validator yang terdiri dari 2 orang ahli materi dan 1 orang ahli media, diperoleh presentase secara keseluruhan yaitu 84,35% dan dinyatakan bahwa media pembelajaran ini sangat valid. Kata kunci : Geometri, Ukiran Rumah Gadang, Komik Pembelajaran Matematika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 27 Sep 2022 07:22 |
Last Modified: | 27 Sep 2022 07:22 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10951 |
Actions (login required)
View Item |