PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTI

Lola Sita Meidina, Lola (2019) PENERAPAN MODEL LEARNING CYCLE 7E DISERTAI PETA KONSEP TERHADAP PEMAHAMAN KONSEP MATEMATIKA PESERTA DIDIK KELAS VIII SMP NEGERI 1 PANTI. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
B. COVER, PERSETUJUAN PEMBIMBING DAN ABTRAKS.pdf - Published Version

Download (198kB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (167kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (404kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (709kB)
[img] Text
BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (262kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (26kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (36kB)
[img] Text
GABUNGAN KESELURUHAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik di SMPN 1 Panti, terlihat dari nilai rata-rata ulangan harian matematika peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti yang sebagian besar masih di bawah Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM) yaitu 72. Rendahnya pemahaman konsep matematika peserta didik disebabkan oleh berbagai hal, salah satu penyebabnya yaitu kemauan peserta didik mengajukan pertanyaan kepada pendidik terkait materi yang belum dipahami masih kurang, sehingga peserta didik tidak paham terhadap materi yang diberikan oleh pendidik. Salah satu upaya yang dapat dilakukan adalah dengan menerapkan model learning cycle 7E disertai peta konsep. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pemahaman konsep matematika peserta didik yang diajar dengan model pembelajaran learning cycle 7E disertai peta konsep lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika peserta didik dengan menggunakan pendekatan saintifik pada kelas VIII SMPN 1 Panti. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen semu (quasy experiment)dan rancangan penelitian yang digunakan adalah randomized control group only design. Populasi penelitian ini adalah seluruh peserta didik kelas VIII SMPN 1 Panti sebanyak 139 peserta didik tahun ajaran 2018/2019. Teknik pengambilan sampel random sampling. Diperoleh kelas VIII sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII 3 4 sebagai kelas kontrol. Berdasarkan tes akhir yang diperoleh, kedua kelas sampel berdistribusi normal dan homogen, dari hasil penelitian diperoleh nilai rata-rata pemahaman konsep matematika peserta didik pada kelas eksperimen 76,27, dan kelas kontrol 70,04. Setelah dilakukan uji hipotesis penelitian menggunakan uji-t satu arah, diperoleh t tabel = 1,645 dan t = 7,87 dengan taraf kepercayaan 95%. Ini berarti t hitung > t tabel,hitung hal ini menunjukkan bahwa hipotesis diterima artinya pemahaman konsep matematika peserta didik dengan model learning cycle 7E disertai peta konsep lebih tinggi daripada dengan pendekatan saintifik pada kelas VIII SMPN 1 Panti.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 03:55
Last Modified: 26 Sep 2022 03:55
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10918

Actions (login required)

View Item View Item