Khairunnisa, Nisa (2019) ANALISIS KEMAMPUAN LITERASI MATEMATIS PESERTA DIDIK DI KELAS XI IPA 1 MAN 1 PADANG BERDASARKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
COVER pdf.pdf - Published Version Download (557kB) |
|
Text
BAB I.pdf - Published Version Download (320kB) |
|
Text
BAB II.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (670kB) |
|
Text
BAB III.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text
BAB IV.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
BAB V.pdf - Published Version Download (191kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version Download (25kB) |
|
Text
GABUNGAN SKRIPSI.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
Abstract
Jenis penelitian yang digunakan dalam pnelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Subjek penelitian adalah 3 orang peserta didik di kelas XI IPA 1 MAN 1 Padang dengan kemampuan matematika berbeda yaitu rendah, sedang dan tinggi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah dokumentasi, metode tes dan metode wawancara mendalam. Data yang dianalisis adalah data hasil tes kemampuan literasi matematis dan hasil wawancara. Berdasarkan analisis kemampuan literasi matematis dengan menggunakan indikator PISA, dapat diketahui bahwa peserta didik berkemampuan matematika rendah (S1) berada pada level 2 kemampuan literasi matematis, karena S1 mampu memenuhi semua indikator pada soal yang memenuhi level 1 dan level 2, sedangkan pada soal yang memenuhi level 3, S1 hanya dapat menuliskan diketahuinya saja dan untuk soal-soal lainnya S1 tidak mengisi lembar jawabannya. Oleh karena itu peserta didik berkemampuan matematika rendah berada pada level 2 kemampuan literasi matematis. Peserta didik berkemampuan matematika sedang (S2) berada pada pada level 3 kemampuan literasi matematis, karena mampu memenuhi semua indikator literasi pada soal yang memenuhi level 1, 2 dan 3. Pada soal yang dapat mengukur kemampuan literasi pada level 4, S2 belum mampu memenuhi indikatornya, dan pada soal-soal berikutnya S2 tidak mengisi lembar jawabannya. Oleh karena itu peserta didik berkemampuan matematika sedang (S2) berada pada level 3 kemampuan literasi matematis. Sedangkan pada peserta didik berkemampuan matematika tinggi (S3) berada pada level 5, karena S3 mampu memenuhi indikator literasi pada level 1, 2, 3, 4, dan 5. Pada soal yang dapat mengukur kemampuan literasi matematis di level 6, S3 kesulitan dalam menganalisis soaltersebut. Kata Kunci : kemampuan literasi matematis, kemampuan matematika, level kemampuan literasi matematika, dan tingkat kemampuan matematika
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Evalina Eva Pustakawan |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:48 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:48 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10912 |
Actions (login required)
View Item |