Pengembangan Media Pembelajaran berbantuanCamtasiaStudio 8Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTsN 4 Padang

MIFTAH, HURRAHMI (2017) Pengembangan Media Pembelajaran berbantuanCamtasiaStudio 8Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTsN 4 Padang. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img]
Preview
Text (cover, persetujuan pembimbing,abstrak)
3 serangkai.pdf - Published Version

Download (39kB) | Preview
[img]
Preview
Text (bab 1)
10. bab 1.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img] Text (bab 2)
11. bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img]
Preview
Text (bab 3)
12. bab 3.pdf - Published Version

Download (660kB) | Preview
[img] Text (bab 4)
13.BAB IV 13.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img]
Preview
Text (bab 5)
14.BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB) | Preview
[img]
Preview
Text (daftar pustaka)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB) | Preview
[img] Text (file gabungan)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Miftah Hurrahmi,NIM. 1314080080,Pengembangan Media Pembelajaran berbantuanCamtasiaStudio 8Pada Pembelajaran Fisika Pokok Bahasan Pesawat Sederhana Kelas VIII MTsN 4 Padang,Skripsi : Tadris IPA-Fisika Fakultas Tarbiyah dan keguruanUniversitasIslam Negeri Imam Bonjol Padang, 2017, 113 halaman. Penelitian ini didasarkan pada kurangnya ketersedian media dalam proses pembelajaran. Media yang biasa digunakan oleh pendidik berupa charta, papan tulis dan powerpoint. Powerpoint yang biasa digunakan tidak memeliki warna menarik dan animasi. Sehingga peserta didik merasa bosan dalam proses pembelajaran. Media pembelajaran merupakan suatu komponen yang mempunyai peranan penting dalam pembelajaran. Penggunaan media dalam proses pembelajaran akan dapat membangkitkan keinginan dan minat belajar. Proses pembelajaran IPA-Fisika mendorong terciptanya beragam media pembelajaran yang dapat dipilih untuk digunakan. Untuk itu dengan memanfaatkan beragam media pembelajaran salah satunya dengan mengembangkan media pembelajaran berupa camtasia studio 8. Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkanproduk media pembelajaranberbantuancamtasia studio 8 padapembelajaranfisikapokokbahasanpesawatsederhanapadasiswakelas VIII MTsN 4 Padang yang valid, praktis, danefektif. PenelitianinimerupakanjenispenelitianpengembanganatauResearch and Development (R&D) dengan model proceduralmengadaptasi4-D modelsolehThiagarajandanSammel. Model initerdiridariempattahap, yaitupendefinisian (define), perancangan (design), pengembangan (develop) dantahappenyebaran(disseminate). Instrumen yang digunakandalampenelitianiniadalahangketvaliditas, angketpraktikalitas, danangketefektifitas.Ujipraktikalitasterhadap media pembelajaranfisikadilihatdarilembarangketpraktikalitasolehpendidik IPA-Fisika danbeberapa orang pesertadidikkelas VIII MTsN 4Padang.Ujiefektifitasterhadap media pembelajaranfisikadenganmelihatminatpesertadidikmenggunakanlembaran angketefektifitasolehpesertadidikkelas VIII MTsN 4 Padang. Hasil dari penelitian ini adalah menghasilkan media pembelajaran berbantuan camtasia studio 8 pada pembelajaran fisika pokok bahsan pesawat sederhana kelas VIII MTsN 4 Padang dengan kualitas produk valid, praktis, dan efektif. Hasil uji validasi media oleh 2 orang validator diperoleh hasil 95.8% (dengan kategori sangat valid), hasil uji dalam aspek isi oleh 2 orang validator diperoleh hasil 90% (dengan kategori sangat valid), hasil uji validasi bahasa oleh 1 orang validator diperoleh hasil 100 (dengan kategori sangat valid), berdasarkan ketiga aspek validitas diperoleh hasil rata-rata yaitu 94.17% (kategori sangat valid). Hasil uji praktikalitas produk oleh 2 orang pendidik adalah 93.33% (kategori sangat praktis). Hasil uji praktikalitas produk oleh 40 orang peserta didik adalah 83.3% (kategori sangat praktis). Hasil uji efektifitas produk terhadap minat belajar dari 40 orang peserta didik adalah 81% (kategori sangat efektif). Berarti produk dihasilkan dapat digunakan untuk meningkatkan minat belajar peserta didik pada materi pesawat sederhana kelas VIII MTsN 4 Padang.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 03:30
Last Modified: 25 May 2018 03:32
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1091

Actions (login required)

View Item View Item