PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 SINTUK TOBOH GADANG

AMELIA, PUTRI (2022) PENGEMBANGAN MEDIA E-COMIC MATEMATIKA BERBASIS CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA MATERI ARITMETIKA SOSIAL UNTUK PESERTA DIDIK KELAS VII SMPN 1 SINTUK TOBOH GADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Amelia Putri_1714040059_Cover,dll - Amelia Putri.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Amelia Putri_1714040059_Bab I - Amelia Putri.pdf

Download (524kB)
[img] Text
Amelia Putri_1714040059_Bab II - Amelia Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (691kB)
[img] Text
Amelia Putri_1714040059_Bab III - Amelia Putri.pdf

Download (538kB)
[img] Text
Amelia Putri_1714040059_Bab IV - Amelia Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Amelia Putri_1714040059_Bab V-Daftar Pustaka - Amelia Putri.pdf

Download (320kB)
[img] Text
Amelia Putri_1714040059_Fulltext - Amelia Putri.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan media belajar yang belum sesuai dengan karakteristik peserta didik, dimana saat ini dalam proses belajar pendidik hanya menggunakan buku paket dan LKPD. Pendidik kurang melakukan inovasi untuk mengembangkan media pembelajaran yang lebih modern dan sesuai dengan karakteristik peserta didik. Seperti mengembangkan media yang menggunakan internet dan teknologi digital sebagai alat pengoperasiannya. Dengan demikian, hal tersebut mendasari peneliti untuk mengembangkan media e-comic matematika berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi aritmetika sosial untuk peserta didik kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang yang memenuhi kriteria valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model ADDIE yang dikemukakan oleh Dick and Cary, yang terdiri dari lima tahap pengembangan yaitu analisis (analysis), perancangan (design), pengembangan (development), implementasi (implementation), dan evaluasi (evaluation). Pada pengembangan ini dibatasi sampai tahap implementasi. Tahap analisis terdiri dari observasi ke sekolah, analisis peserta didik, dan analisis silabus. Tahap perancangan melakukan pembuatan alur cerita, menyusun struktur e-comic, dan pembuatan instrumen penelitian. Tahap pengembangan dilakukan uji validitas media e-comic (self evaluation dan expert review). Tahap implementasi terdiri atas uji praktikalitas (one to one evaluation dan small group) dan uji efektivitas media e-comic. Penelitian ini menghasilkan media e-comic matematika berbasis Contextual Teaching and Learning pada materi aritmetika sosial untuk peserta didik kelas VII SMPN 1 Sintuk Toboh Gadang yang valid, praktis, dan efektif. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa media e-comic memenuhi kriteria sangat valid dengan rata-rata kevalidan 88.05%, memenuhi kriteria sangat praktis dengan rata-rata kepraktisan 92.36% untuk pendidik dan 90.02% untuk peserta didik, memenuhi kriteria efektif dengan perolehan persentase ketuntasan sebesar 83.33%.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 26 Sep 2022 02:25
Last Modified: 26 Sep 2022 02:25
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10907

Actions (login required)

View Item View Item