AHMAD, IKHSAN (2022) ANALISIS KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH BELAJAR MATEMATIKA DI MAS ANDILAN KELAS XI KECAMATAN DUA KOTO KABUPATEN PASAMAN 2020/2021. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Ahmad ikhsan_1614040056_cover_halaman keaslian dll - ahmad ikhsan.pdf Download (478kB) |
|
Text
Ahmad ikhsan_1614040056_bab I - ahmad ikhsan.pdf Download (328kB) |
|
Text
Ahmad ikhsan_1614040056_bab II - ahmad ikhsan.pdf Restricted to Repository staff only Download (317kB) |
|
Text
Ahmad ikhsan_1614040056_bab III - ahmad ikhsan.pdf Download (346kB) |
|
Text
Ahmad ikhsan_1614040056_bab IV - ahmad ikhsan.pdf Restricted to Repository staff only Download (682kB) |
|
Text
ahmad ikhsan_1614040056_BAB V DAFTAR PUSTAKA - ahmad ikhsan.pdf Download (211kB) |
|
Text
Ahmad ikhsan_1614040056_skripsi pustaka 3 - ahmad ikhsan.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya kemampuan pemecahan masalah yang harus dimiliki oleh peserta didik.Dengan adanya kemampuan pemecahan masalah dapat melatih peserta didik untuk menyelesaikan suatu persoalan yang diberikan oleh pendidik.Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana kemampuan pemecahan masalah peserta didik di kelas MAS Andilan. Penelitian ini termasuk kedalam penelitian kualitatif deskriptif. Subjek dalam penelitian ini 31 orang peserta didik kelas XI MAS Andilan pada Tahun Ajaran 2020/2021.Instrumen pengumpulan data berupa tes dan wawancara.Tes diikuti oleh 31 orang peserta didik dilakukan secara offline, dan untuk wawancara dipilih 3 orang peserta didik berdasarkan pengkategorian tingkat kemampuan peserta didik. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa terdapat 4 kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik kelas XI dalam menyelesaikan soal himpunan, yaitu kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik pada soal no 1 sebanyak 11,25%, kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik pada soal no 2 sebanyak11,50%, kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik pada soal no 3 sebanyak 10,00%,kemampuan pemecahan masalah yang dilakukan peserta didik pada soal no 4 sebanyak 10,25%. Faktor-faktor yang menyebabkan kurang nya pemecahan masalah pada peserta didik dalam menyelesaikan soal yaitu: (a) peserta didik belum memahami masalah dari materi himpunan, (b) peserta didik kurang teliti dalam melakukan mengolah data dengan benar, (c) peserta didik belum sepenuhnya mampu mengerjakan soal yang diberikan, (d) peserta didik belum menguasai materi statistika. Jadi, dapat disimpulkan bahwa peserta didik kelas XI MAS Andilan pada Tahun Ajaran 2020/2021 masih banyak yang kurang mampu dalam menyelesaikan soal himpunan dengan kemampuan pemecahan masalah.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 26 Sep 2022 02:04 |
Last Modified: | 26 Sep 2022 02:04 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10903 |
Actions (login required)
View Item |