VERA, HARVENI (2022) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN DI SMPN 2 PADANG PANJANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Vera Harfeni_1814030038_COVER - Vera Harfeni.pdf Download (1MB) |
|
Text
Vera Harfeni_1814030038_BAB I - Vera Harfeni.pdf Download (343kB) |
|
Text
Vera Harfeni_1814030038_BAB II - Vera Harfeni.pdf Restricted to Repository staff only Download (582kB) |
|
Text
Vera Harfeni_1814030038_BAB III - Vera Harfeni.pdf Download (355kB) |
|
Text
Vera Harfeni_1814030038_BAB IV - Vera Harfeni.pdf Restricted to Repository staff only Download (407kB) |
|
Text
Vera Harfeni_1814030038_BAB V - Vera Harfeni.pdf Download (336kB) |
|
Text
Vera Harfeni_1814030038_fulltext - Vera Harfeni.pdf Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh penggunaan aplikasi INLISLite yang membawa manfaat bagi perpustakaan sekolah terutama dalam melakukan pengelolaan perpustakaan. Apalagi diera globalisasi ini setiap kinerja membutuhkan cara yang praktis dan mudah dalam menyelesaikan tugas dari masing-masing pekerjaan. Salah satu sekolah yang ada di Padang Panjang yaitu SMPN 2 Padang Panjang telah menerapkan hal tersebut dengan memanfaatkan aplikasi INLISLite sebagai alat untuk pengelolaan perpustakaan sekolah. Tujuan penelitian untuk mengetahui (1) perencanaan perpustakaan di SMPN 2 Padang Panjang, (2) pengorganisasian perpustakaan di SMPN 2 Padang Panjang, dan (3) pengawasan perpustakaan di SMPN 2 Padang Panjang. Metode penelitian yang digunakan yaitu deskriptif kualitatif. Sumber data penelitian kepala sekolah, wakil humas, kepala perpustakaan, staff sirkulasi perpustakaan, dan 2 orang siswi kelas 7 dan 8. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, oservasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian: Pertama, perencanaan perpustakaan SMPN 2 Padang Panjang memiliki 2 hal yaitu menentukan tujuan dengan merencanakan penerapan digitalisasi seperti aplikasi INLISLite dalam memudahakan aktivitas petugas perpustakaan didalam mengelola perpustakaan. Adapun pemakai pustaka berjumlah 431 siswa-siswi maupun guru SMPN 2 Padang Panjang. Kedua, pengorganisasian perpustakaan SMPN 2 Padang Panjang memiliki struktur organisasi yang terdiri dari Pembina, Pengelola, staff sirkulasi, dan staff teknisi. Selanjutnya ditemukan bahwa terdapatnya beberapa bagian yang tidak sesuai seperti : staff yang tidak sesuai dengan jurusan kepustakaan. Namun layanan kepustakaan berjalan dengan baik sesuai dengan tugas dan fungsi dari petugas perpustakaan. Tugas dan fungsi petugas pustaka juga harus sesuai dengan tupoksinya pelaksanaan pengelolaan perpustakaan bisa berjalan dengan baik. Ketiga, pengawasan perpustakaan SMPN 2 Padang Panjang terdapat aturan yang harus dipatuhi oleh pemakai perpustakaan. Didalam aturan perpustakaan petugas pustaka tidak membeda-bedakan antara siswa yang muslim maupun nonmuslim. Tugas dan fungsi dari petugas perpustakaan sudah sangat jelas sehingga bisa dijalankan dengan maksimal.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:52 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:52 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10874 |
Actions (login required)
View Item |