SRI, NURHAYANI (2022) PENGELOLAAN PROGRAM PENGEMBANGAN KOMPETENSI PROFESIONAL PENDIDIK DI SMPN 5 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Sri Nurhayani_1814030010_Cover,Dll-1 - Sri Nurhayani.pdf Download (1MB) |
|
Text
Sri Nurhayani_1814030010_BAB I - Sri Nurhayani.pdf Download (650kB) |
|
Text
Sri Nurhayani_1814030010_BAB II - Sri Nurhayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (957kB) |
|
Text
Sri Nurhayani_1814030010_BAB III - Sri Nurhayani.pdf Download (476kB) |
|
Text
Sri Nurhayani_1814030010_BAB IV - Sri Nurhayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (634kB) |
|
Text
Sri Nurhayani_1814030010_BAB V-1 - Sri Nurhayani.pdf Download (727kB) |
|
Text
Sri Nurhayani_1814030010_FULLtext-1 - Sri Nurhayani.pdf Restricted to Repository staff only Download (11MB) |
Abstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan terkait dengan pengelolaan pengembangan program kompetensi profesional pendidik. Selain itu terkait juga terhadap pelaksanaan kemampuan pendidik SMPN 5 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah: a) untuk mengetahui pelaksanaan pengembangan kompetensi pendidik yang dilakukan oleh kepala sekolah di SMPN 5 Padang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif. Sumber data dalam penelitian ini Kepala Sekolah, Wakil Kurikulum dan Guru. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil dari temuan penelitian ini: Pelaksanaan program dalam mengembangkan kemampuan guru dilakukan sangat baik, kemampuan pengembangan profesionalisme seorang guru terhadap seberapa besar kemampuan dalam mengelola kelas. Pelaksanaan program tersebut dirumuskan secara bertahap, sesuai isi dari perencanaan dengan kompetensi yang dimiliki oleh guru. program yang dilakukan oleh kepala sekolah berupa: a) house training, dimana sebuah bentuk program pelatihan yang dilakukan dalam jangka waktu sekali setahun dengan waktu yang tidak di tentukan untuk meningkatkan kompetensi dan karier guru dalam mutu pembelajaran dan optimalisasi peran guru, khususnya guru mata pelajaran dalam meningkatkan penguasaan materi pembelajaran di kelas dan dapat diaplikasikan kepada peserta didik. b) workshop/ lokakarya, sebuah program yang diselenggarakan oleh kepala sekolah kepada guru yang memiliki problem di dalam kelas yaitu lemahnya menguasai kelas. pengembangan kompetensi profesional guru dengan menggunakan indikator: a) tuntutan kerja actual, b) pengembangan skill, merupakan keterampilan mengajar bagi seorang guru yang tugasnya mengajar di dalam kelas sebagai pembimbing, supervisor, motivator dan fasilitator. c) pengetahuan berhubungaan dengan wawasan, kepribadian, dan kepekaan seorang guru di dalam kelas
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 22 Sep 2022 03:38 |
Last Modified: | 22 Sep 2022 03:38 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10872 |
Actions (login required)
View Item |