STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 PASAMAN KABUAPTEN PASAMAN BARAT

SRI, HUTAMI ADININGSIH (2022) STRATEGI KEPEMIMPINAN KEPALA SEKOLAH DALAM MENINGKATKAN MUTU PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI (SMAN) 1 PASAMAN KABUAPTEN PASAMAN BARAT. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sri Hutami Adiningsih_1814030070_Cover, Persetujuan Pembimbing, Pengesahan, Kata pengantar, Daftar Isi,dll - Sri Hutami Adiningsih.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sri Hutami Adiningsih_1814030070_Bab I - Sri Hutami Adiningsih.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Sri Hutami Adiningsih_1814030070_Bab II - Sri Hutami Adiningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Sri Hutami Adiningsih_1814030070_Bab III - Sri Hutami Adiningsih.pdf

Download (748kB)
[img] Text
Sri Hutami Adiningsih_1814030070_Bab IV (2) - Sri Hutami Adiningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Sri Hutami Adiningsih_1814030070_Bab V-Daftar Pustaka - Sri Hutami Adiningsih.pdf

Download (751kB)
[img] Text
Sri Hutami Adiningsih_1814030070_Fulltext (3) - Sri Hutami Adiningsih.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi karena peneliti menemukan beberapa hal terkait dengan Strategi Kepemimpinan Kepela Sekolah Dalam Meningkatkan Mutu Pendidikan Di SMA N 1 Pasaman. Dewasa ini, kesadaran masyarakat akan pentingnya pendidikan sangatlah tinggi. Pendidikan yang bermutu merupakan suatu keharusan, hal tersebut menjadi kebutuhan bagi para orang tua di era milenial seperti sekarang ini. Oleh karena itu, upaya peningkatan mutu pendidikan merupakan hal yang tidak dapat ditawar-tawar lagi. Faktor penting yang besar pengaruhnya terhadap mutu pendidikan adalah kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Kepala sekolah adalah pemimpin pendidikan yang mempunyai peran sangat besar dalam mengembangkan mutu sekolah. Ketercapaian tujuan pendidikan sangat bergantung pada kecakapan dan kebijaksanaan kepala sekolah sebagai pemimpin pendidikan. Rumusan penelitian adalah adalah bagaimana strategi kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan sekolah. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan strategi hirarki, transformasional, dan fasilitatif kepemimpinan kepala sekolah dalam meningkatan mutu pendidikan di SMA N 1 Pasaman Kecamatan Pasaman. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan lokasi penelitiannya adalah SMA N 1 Pasaman. Metode pengumpulan data yang digunakan meliputi: wawancara, observasi dan dokumentasi. Data yang terkumpul melalui ketiga teknik tersebut kemudian dianalisis dengan cara mereduksi data, display data, dan kemudian di tarik kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa: Strategi kepemimpinan Kepala SMAN 1 Pasaman Kecamatan pasaman dalam meningkatkan mutu pendidikan adalah: 1) Strategi Hirarki yang telah diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui: program unggulan, mutu kurikulum, dan mutu lulusan. 2) Strategi transformasional yang telah diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui: memberikan motivasi kepada pendidik, tenaga kependidikan, dan peserta didik. 3)Strategi Fasilitatif yang telah diterapkan oleh kepala sekolah dalam meningkatkan mutu pendidikan melalui: (a) peningkatan kinerja pendidik dan tenaga kependikan melalui Musyawarah Guru Mata Pelajaran (MGMP), diklat, pelatihan, dan workshop, (b) peningkatan kapasitas siswanya menekankan pada kualitas hasil belajar.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 02:47
Last Modified: 22 Sep 2022 02:47
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10871

Actions (login required)

View Item View Item