PELAKSANAAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PADANG

NASRIN, HASIBUAN (2022) PELAKSANAAN SISTEM ZONASI DALAM PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU DI SEKOLAH MENENGAH ATAS NEGERI 9 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Nasrin Hasibuan_1814030052_Cover,dll - 0052 Nasrin Hasibuan.pdf

Download (883kB)
[img] Text
Nasrin Hasibuan_1814030052_Bab I - 0052 Nasrin Hasibuan.pdf

Download (542kB)
[img] Text
Nasrin Hasibuan_1814030052_Bab II - 0052 Nasrin Hasibuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (726kB)
[img] Text
Nasrin Hasibuan_1814030052_Bab III - 0052 Nasrin Hasibuan.pdf

Download (579kB)
[img] Text
Nasrin Hasibuan_1814030052_Bab IV - 0052 Nasrin Hasibuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
Nasrin Hasibuan_1814030052_Bab V - 0052 Nasrin Hasibuan.pdf

Download (443kB)
[img] Text
Nasrin Hasibuan_1814030052_Fulltext - 0052 Nasrin Hasibuan.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

Pelaksanaan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang. Pemerintah menetapkan kebijakan sistem zonasi penerimaan peserta didik baru agar kualitas pendidikan merata sehingga tidak ada sekolah favorit dan non favorit. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pelaksanaan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang. Penelitian ini difokuskan dengan pertanyaan penelitian: Bagaiamana pelaksanaan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru di Sekolah Menengah Atas Negeri 9 Padang. Jenis penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif dengan metode pengumpulan data: observasi, wawancara, dokumentasi. Subjek penelitian ini adalah Kepala Sekola, Waka Kesiswaan ( Ketua Panitia PPDB ), guru, dan orang tua siswa, data yang diperoleh dianalisis secara deskriptif dengan reduksi data, penayajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian pelaksanaan sistem zonasi dalam penerimaan peserta didik baru sudah berjalan sesuai dengan ketentuan yang berlaku dengan menggunakan beberapa tahapan yaitu: 1) Tahap sosialisasi sekolah melakukan dengan membuat sebuah usaha bagaimana supaya masyarakat memahami bagaimana penerimaan peserta didik baru 2) Tahap persiapan melakukan persiapan mulai dari pembentukan panitia, kesiapan sumber daya manusia dan sarana prasarana. 3) Tahapan pelaksanaan orangtua melakukan penyerahan berkas calon peserta didik baru, pengisian formulir, verifikasi, input data, seleksi serta pengumuman. 4) Tahap pengawasan dilakukan secara langsung dan secara tidak langsung, pengawasan yang secara langsung dilakukan ketika penerimaan peserta didik baru sedang berlangsung yaitu dengan sidak langsung ke lapangan, pengawasan yang tidak langsung dibidang administrasi yaitu panitia pelaksana PPDB membuat laporan tentang penerimaan peserta didik baru. Selanjutnya akan dijadikan sebagai bahan evaluasi untuk pelaksanaan penerimaan peserta didik baru tahun sealanjutnya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:46
Last Modified: 22 Sep 2022 01:46
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10860

Actions (login required)

View Item View Item