PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MTsN 3 KOTA PARIAMAN

IKRA, IKRA (2022) PENGELOLAAN PERPUSTAKAAN SEKOLAH DI MTsN 3 KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
IKRA_1714030030_COVER, DLL - ikra ikra.pdf

Download (726kB)
[img] Text
IKRA_1714030030_BAB I - ikra ikra.pdf

Download (344kB)
[img] Text
IKRA_1714030030_BAB II - ikra ikra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (496kB)
[img] Text
IKRA_1714030030_BAB III - ikra ikra.pdf

Download (172kB)
[img] Text
IKRA_1714030030_BAB IV - ikra ikra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (375kB)
[img] Text
IKRA_1714030030_BAB V - ikra ikra.pdf

Download (335kB)
[img] Text
IKRA_1714030030_FULLTEXT - ikra ikra.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi adanya beberapa permasalah yang terkait tentang pengelolaan perpustakaan sekolah di MTsN 3 Kota Pariaman, berdasarkan observasi peneliti mengetahui bahwa pengelolaan perpustakaan sekolah masih menggunakan cara manual/ belum berbasis digital, pelayanan peminjaman dan pengembalian buku yang menggunakan cara manual, belum tercukupinya sarana prasarana penujang pengelolaan perpustakaan sekolah diantaranya ruang baca, rak sepatu, rak barang, dan tempat baca, kurangnya jumlah tenaga pegawai perpustakaan. selain itu, tidak adanya tenaga pegawai yang memiliki keilmuan pustaka, mempengaruhi pengelolaan perpustakaan sekolah. dalam ketersediaan peralatan dalam pelayanan perpustakaan sekolah, telah tersedia dengan baik ,dan memenuhi standar yang telah ditetapkan oleh Standar Nasional Pendidikan Tujuan penelitian ini yaitu untuk mengetahui Pengelolaan Sarana Prasarana yang dilakukan oleh pegawai perpustakaan di MTsN 3 Kota Pariaman telah sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh standar perpustakaan. Dan, untuk mengetahui kendala-kendala apa saja yang ada dalam pengelolaan sarana prasarana perpustakaan sekolah di MTsN 3 Kota Pariaman. Metode penelitian yang digunakan merupakan penelitian kualitatif, dengan pendekatan deskriptif. Sumber data yang ditetapkan adalah kepala sekolah, tenaga kependidikan, dan siswa. Teknik dan pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data yang disarankan menurut Huberman yaitu mengumpulkan data, reduksi data penyajian data, dan verifikasi atau penerikan kesimpulan. Hasil penelitian ini; Dalam luas lahan perpustakaan di MTsN 3 Kota Pariaman telah memenuhi standar yang ditetapkan oleh Standar Nasional pengelolaan sarana prasarana perpustakaan belum sesuai dengan standar yang ditetapkan oleh Standar Nasional Perpustakaan, hal ini karena tidak adanya meja sirkulasi, meja multimedia, dan alat-alat digital berupa komputer. Dalam pengelolaan sarana prasarana, masih terdapat kekurangan pada jumlah rak buku, meja baca siswa, rak sepatu, rak barang, dan pendingin ruangan.Dalam hal ketersediaan perabotan perpustakaan, MTsN 3 Kota Pariaman belum memenuhi Standar Nasional Perpustakaan, hal ini dikarenakan dalam standar sarana prasarana perpustakaan dikatakan bahwa dalam standar sarana perabotan kerja paling sedikit memiliki meja sirkulasi, dan meja multimedia, sementara dalam perabotan penyimpanan perpustakaan paling sedikit memiliki rak majalah, rak surat kabar, lemari/ laci katalog.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:19
Last Modified: 22 Sep 2022 01:19
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10854

Actions (login required)

View Item View Item