MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PADANG

HESTI, RAMADHANTI (2022) MANAJEMEN LAYANAN PERPUSTAKAAN DALAM MENUMBUHKAN MINAT BACA PESERTA DIDIK DI SMA NEGERI 1 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Hesti Ramadhanti_1814030076_Cover,dll - 0076 Hesti ramadhanti.pdf

Download (587kB)
[img] Text
Hesti Ramadhanti_1814030076_BAB I - 0076 Hesti ramadhanti.pdf

Download (500kB)
[img] Text
Hesti Ramadhanti_1814030076_BAB II - 0076 Hesti ramadhanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (618kB)
[img] Text
Hesti Ramadhanti_1814030076_BAB III - 0076 Hesti ramadhanti.pdf

Download (377kB)
[img] Text
Hesti Ramadhanti_1814030076_BAB IV - 0076 Hesti ramadhanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (416kB)
[img] Text
Hesti Ramadhanti_1814030076_BAB V _ Daftar pustaka - 0076 Hesti ramadhanti.pdf

Download (326kB)
[img] Text
Hesti Ramadhanti_1814030076_Fulltext - 0076 Hesti ramadhanti.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Perpustakaan sekolah merupakan perangkat kelengkapan pendidikan dalam mencapai tujuan pendidikan sekolah.Perpustakaan sebagai lembaga layanan pendidikan dan lembaga informasi yang sangat penting dalam menumbuhkan minat baca peserta didik.Oleh karena itu pengelolaan layanan perpustakaan harus terus ditingkatkan agar keberadaanya benar-benar menjadi tolok ukur terhadap minat baca peserta didik dan tujuan perpustakaan.Rumusan masalah penelitian ini adalah bagaimana manajemen layanan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Padang. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan evaluasi layanan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Padang. Metode Penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif, dengan metode pengumpulan data wawancara, observasi dan dokumentasi. Keabsahan data diukur melalui konsep triangulasi. Analisis data meliputi Reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Adapun hasil penelitian ini menunjukan bahwa manajemen layanan perpustakaan dalam menumbuhkan minat baca peserta didik di SMA Negeri 1 Padang terdiridari 4 tahap yaitu 1) Perencanaan, perencanaan layanan perpustakaan meliputi 3 aspek yaitu, menetapkan visi, misi dan tujuan, penjadwalan dan program kerja yang akan dicapai. 2) Pengorganisasian, pengorganisasian layanan perpustakaanmeliputi: prosedur dan pembagian kerja yang digunakan dalam bekerja. 3) Pelaksanaan, pelaksanaanlayanan perpustakaan menyediakan layanan berupa layanan ruang baca, layanan sirkulasi, layanan referensi, layanan teknis,layanan internet dan layanan audio visual 4) Evaluasi, evaluasi layanan perpustakaan ditempuh untuk mengetahui sejauh mana penyelenggaraan program kerja tercapai dengan mengukur dari bentuk laporan dan tercatat seperti program kerja, data jumlah buku dan koleksi, dan data kunjungan ke perpustakaan, melakukan kegiatan diskusi dan mencari solusi, dilakukan perbaikan jika terjadi kendala sehingga untuk langkah kedepannya sesuai dengan yang diharapkan dan pastinya untuk meningkatkan pelayanan yang lebih baik lagi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 22 Sep 2022 01:15
Last Modified: 22 Sep 2022 01:15
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10853

Actions (login required)

View Item View Item