pengaruh Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe galeri belajar terhadap pemahaman konsep fisika kelas VII MTsN 9 Padang Pariaman

MONA, AFMADINI (2018) pengaruh Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe galeri belajar terhadap pemahaman konsep fisika kelas VII MTsN 9 Padang Pariaman. Skripsi thesis, UIN IB Padang.

[img] Text (cover,persetujuan pembimbing,abstrak)
3 serangkai.pdf - Published Version

Download (39kB)
[img]
Preview
Text (BAB I)
10. bab 1.pdf - Published Version

Download (272kB) | Preview
[img] Text (BAB II)
11. bab 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (429kB)
[img] Text (BAB III)
12. bab 3.pdf - Published Version

Download (660kB)
[img] Text (BAB IV)
13.BAB IV 13.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (437kB)
[img] Text (BAB V)
14.BAB V.pdf - Published Version

Download (203kB)
[img] Text (DAFTAR PUSTAKA)
15. DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (25kB)
[img] Text (FILE GABUNGAN)
FILE GABUNGAN.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (8MB)

Abstract

ABSTRAK Mona Afmadini,1314080891, pengaruh Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe galeri belajar terhadap pemahaman konsep fisika kelas VII MTsN 9 Padang Pariaman,Skripsi. JurusanTadris IPA konsentrasiFisikaUniversitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2018.80 halaman Latar belakang dari penelitian ini adalah siswa tidak dapat menjelaskan materi yang dipelajari, siswa dianggap memiliki kemampuan yang sama oleh guru, sehingga siswa yang memiliki kemampuan yang rendah tidak memahami konsep belajar fisika, siswa tidak dapat merangkum pembelajaran yang dijelaskan, banyak siswa tidak dapat menjawab pertanyaan dari guru tentang materi yang telah dipelajari, kurangnya pemahaman konsep belajar fisika dalam pembelajaran sehingga siswa lebih banyak diam dan tidak berani bertanya. Berdasarkan latar belakang tersebut, telah dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui pemahaman konsep fisika dengan menggunakan strategi pembelajaran aktif tipe galeri terhadap pemahaman konsep fisikayang diajarkan secara konvensional di kelas VII MTsN 9 Padang Pariaman. Jenis penelitian ini adalah penelitian quasy eksperimen, dengan rancangan penelitian randomized control group only design. Populasi dalam penelitian ini adalah kelas VII MTsN 9 Padang Pariaman Tahun Ajaran 2017/2018 yang terdiri dari 4 kelas. Pengambilansampeldilakukandenganteknikcluster random sampling.DiperolehkelasVII2sebagaikelaseksperimendankelasVII3sebagaikelaskontrol. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah tes essay sebanyak 10 buah untuk penilaian pemahaman konsep, Teknik yang digunakan untuk menguji hipotesis pada penelitian ini adalah uji kesamaan rata-rata satu arah dengan menggunakan uji-t, karena data terdistribusi normal dan kelompok data mempunyai varians yang homogen. Dari penelitian diperoleh untukpemahaman konsep, rata ratapemahaman konsep fisikasiswa untuk kelas eksperimen 70.59 dan untuk kelas kontrol 61.65. Berdasarkananalisisdata diperoleh, thitung =2,004dan ttabel = 1.668 pada taraf kepercayaan 95%. Hasil perhitungan tersebut menunjukkan bahwa thitung > ttabel , sehingga H0 ditolak dan H1 diterima.Kesimpulan yang didapatkan bahwapengaruh Penerapan strategi pembelajaran aktif tipe galeri belajar terhadap pemahaman konsep fisika yang lebih baik dari model pembelajaran konvensional di kelas VII MTsN 9 Padang Pariaman.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: Q Science > QC Physics
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Users 30 not found.
Date Deposited: 25 May 2018 03:28
Last Modified: 25 May 2018 03:29
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/1084

Actions (login required)

View Item View Item