MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS HADIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA

Inong, Satriadi (2022) MODEL PENDIDIKAN KARAKTER BERBASIS HADIS DAN IMPLEMENTASINYA DALAM PENDIDIKAN KELUARGA. Doctoral thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text (Cover)
1. bagian depan.pdf - Published Version

Download (2MB)
[img] Text
2. BAB I.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB II)
3. BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
4. BAB III.pdf - Published Version

Download (993kB)
[img] Text (BAB IV)
5. BAB IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text (BAB V)
6. BAB V - DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (Fulltex)
7. full disertasi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract

Model Pendidikan Karakter Berbasis Hadis dan Implementasinya dalam Pendidikan Keluarga” ditulis oleh Inong Satriadi, NIM. 88315283, mahasiswa Program Doktoral Program Studi Pendidikan Islam Program Pascasarjana UIN Imam Bonjol Padang tahun 2022. Permasalahan dalam penelitian ini adalah terjadinya krisis multidimensional yang dihadapi orang tua terutama dalam menanamkan nilai-nilai karakter terhadap anak. Seiring dengan perkembangan zaman, maka terjadilah pergeseran nilai dan budaya pada masyarakat. Siaran televisi, handphone dan media sosial lainnya merupakan salah satu faktor penyebab lunturnya nilai-nilai tersebut. Sekarang anak-anak bahkan orang tua disibukkan dengan handphone, sehingga perhatian masing-masing menjadi berkurang. Ditambah lagi dengan intensitas pertemuan antara anak dengan orang tua semakin sedikit. Akibat dari semua itu anak menjadi sulit untuk dikontrol dan diarahkan. Maka untuk membangun karakter anak, diperlukan suatu usaha yang sistematis dan terencana dengan merujuk kepada Hadis-hadis Rasulullah, karena beliau sebagai seorang pendidik yang telah berhasil membangun karakter anak dengan baik. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah bagaimana implementasi nilainilai hadis Rasulullah Saw dalam pendidikan karakter di lingkungan keluarga dan bagaimana model pendidikan karakter dalam lingkungan keluarga menurut Hadis? Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui dan memahami hadis-hadis Rasulullah Saw. tentang komponen pendidikan, mengimplementasikan hadis-hadis Rasulullah Saw. dalam lingkungan keluarga, serta menemukan suatu model pendidikan karakter anak dalam keluarga yang dapat menjadi acuan bagi orang tua dalam membangun karakter anak. Penelitian ini merupakan penelitian kepustakaan (library research) dengan fokus penelitian implementasi hadis dalam pendidikan keluarga dan model pendidikan karakter menurut hadis dalam lingkungan keluarga. Sumber data dalam penelitian ini menggunakan sumber data primer dan sekunder. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik dokumentasi serta analisis data menggunakan analisis deskriptif dan analisis isi (content analisys). Hasil penelitian ini adalah bahwa hadis-hadis Rasulullah telah menjelaskan secara komprehensif tentang komponen pendidikan karakter dalam keluarga, implementasi hadis-hadis Rasulullah Saw. dalam lingkungan keluarga terutama dalam menghadapi tantangan dunia pada era globalisasi saat ini, yaitu dengan tetap perpegang teguh pada al-Quran dan hadis, menanamkan fondasi akidah yang kuat terhadap anak dan istiqomah dengan keimanannya, memelihara hubungan bathin antara orang tua dan anak dan memanfaatkan kemajuan teknologi untuk kebaikan dan kemaslahatan. Model pendidikan karakter dalam keluarga menurut hadis adalah dengan mensinergikan semua komponen pendidikan dalam keluarga yaitu; orang tua, anak, materi, metode serta strategi. Kelima komponen ini diaktualisasikan dalam keluarga sehingga dapat mencapai tujuan yang diinginkan, yaitu melahirkan generasi yang berkarakter, berbudi luhur dan baik.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Nasrul Makdis Pustakawan
Date Deposited: 19 Sep 2022 07:56
Last Modified: 19 Sep 2022 07:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10831

Actions (login required)

View Item View Item