PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA PADANG

Alpirudiwan, Rudi (2022) PENGEMBANGAN INSTRUMEN PENILAIAN AFEKTIF PENDIDIKAN AGAMA ISLAM BERBASIS KURIKULUM 2013 DI MADRASAH IBTIDAIYAH KOTA PADANG. Doctoral thesis, Program Pascasarjana.

[img] Text (Cover)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_cover dll - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text (BAB I)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_BAB I - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version

Download (407kB)
[img] Text (BAB II)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_BAB II - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (627kB)
[img] Text (BAB III)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_BAB III - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version

Download (436kB)
[img] Text (BAB IV)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_BAB IV - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text (BAB V)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_BAB V dan PUSTAKA - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version

Download (352kB)
[img] Text (Daftar Perpustakaan)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_DAFTAR PUSTAKA - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version

Download (190kB)
[img] Text (Fulltex)
ALPIRUDIWAN_NIM. 1920090014_Fulltext - Madrasah Ibtidaiyah.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract

Pengembangan Instrumen Penilaian Afektif Pendidikan Agama Islam Berbasis Kurikulum 2013 di Madrasah Ibtidaiyah Kota Padang”, Disertasi, Program Studi Pendidikan Islam, Pascasarjana Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang, 2022. Isu utama dalam penelitian ini adalah penilaian hasil belajar ranah afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam di Madrasah Ibtidaiyah Kota Padang belum dilaksanakan dengan optimal. Terjadi kesenjangan antara harapan kurikulum dan realita pembelajaran. Guru lebih mengutamakan menuntaskan materi pembelajaran yang terdapat dalam kurikulum. Ranah afektif sering terabaikan. Beberapa siswa ditemukan memiliki karakter yang tidak baik. Sesuatu yang memprihatinkan akan terjadi pada sikap siswa walaupun sudah dididik di madrasah selama beberapa tahun. Penilaian sikap yang dilakukan guru masih subjektif, berdasarkan rasa, dan perkiraan. Guru belum menilai sikap secara objektif dan terstandarisasi. Penelitian ini bertujuan untuk : 1) mengembangkan instrumen penilaian afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Madrasah Ibtidaiyah, dan 2) menghasilkan instrumen penilaian afektif pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas V Madrasah Ibtidaiyah yang memenuhi kriteria valid dan praktis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (Research and Development) dengan model 4-D (Four-D Models). Proses pengembangan dimulai dari tahap Define (Pendefenisian), Design (Perancangan), Develop (Pengembangan), dan Disseminate (Penyebaran). Subjek uji coba dalam penelitian ini adalah MIN 3, MIN 5, dan MIN 6 Kota Padang. Pengumpulan data dengan menggunakan metode wawancara, dokumentasi, dan angket. Analisis data menggunakan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Kesimpulan dari hasil penelitian adalah 1) Pengembangan instrumen penilaian afektif pada mata pelajaran PAI telah melalui prosedur pengembangan yang terstandarisasi sehingga dapat digunakan untuk mengatasi permasalahan penilaian afektif di Madrasah Ibtidaiyah. 2) Instrumen penilaian afektif pada mata pelajaran PAI telah memenuhi syarat sebagai produk yang valid dan praktis untuk digunakan dalam penilaian afektif pada rumpun mata pelajaran PAI di Madrasah Ibtidaiyah.

Item Type: Thesis (Doctoral)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Program Pascasarjana > Program Doktor > Pendidikan Islam
Depositing User: Nasrul Makdis Pustakawan
Date Deposited: 19 Sep 2022 03:49
Last Modified: 19 Sep 2022 03:49
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10825

Actions (login required)

View Item View Item