EVALUASI DIRI MADRASAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 3 KOTA PADANG

DINARA, SELFIANA (2022) EVALUASI DIRI MADRASAH DAN DAMPAKNYA TERHADAP MUTU PENDIDIKAN DI MTsN 3 KOTA PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Dinara Selfina_1814030026_Cover, dll - 0026 Dinara Selfina.pdf

Download (4MB)
[img] Text
Dinara Selfina_1814030026_Bab I - 0026 Dinara Selfina.pdf

Download (515kB)
[img] Text
Dinara Selfina_1814030026_Bab II - 0026 Dinara Selfina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (769kB)
[img] Text
Dinara Selfina_1814030026_Bab III - 0026 Dinara Selfina.pdf

Download (392kB)
[img] Text
Dinara Selfina_1814030026_Bab IV - 0026 Dinara Selfina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Dinara Selfina_1814030026_Bab V - Daftar Kepustakaan - 0026 Dinara Selfina.pdf

Download (482kB)
[img] Text
Dinara Selfina_1814030026_Fulltext - 0026 Dinara Selfina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada fenomena yang sering terjadi di lapangan dan berdasarkan pengamatan, dapat diketahui bahwa dalam perkembangan lembaga pendidikan ada berbagai permasalahan yang harus segera diupayakan penyelesaiannya. Di antara permasalahan tersebut peneliti menemukan fenomena mengenai rendahnya mutu pendidikan. Mutu pendidikan merupakan kesesuaian antara kebutuhan pihak-pihak yang berkepentingan dengan layanan yang diberikan oleh pengelola pendidikan. Sebagai alternatif solusi ada banyak upaya yang bisa dilakukan oleh pihak Madrasah. Salah satunya dengan Evaluasi Diri Madrasah (EDM). Dalam penelitian ini peneliti ingin mengetahui dampak Evaluasi Diri Madrasah (EDM) terhadap mutu pendidikan sebagai salah satu alternatif solusi. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang Evaluasi Diri Madrasah dan Dampaknya terhadap Mutu Pendidikan di MTsN 3 Kota Padang, yang dapat dilihat dari pelaksanaan, dampak, faktor pendukung dan penghambat Evaluasi Diri Madrasah (EDM) di MTsN 3 Kota Padang. Pendekatan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan Kualitatif Deskriptif. Informan dalam penelitian ini adalah kepala Madrasah, kepala urusan Tata Usaha, wakil kepala Madrasah bidang Kurikulum, dan seorang guru. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah metode observasi, metode wawancara dilakukan dengan menggunakan daftar pertanyaan untuk narasumber sesuai dengan tema penelitian, dan metode dokumentasi dilakukan dengan cara mengumpulkan data berupa foto dan laporan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa : 1) Pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 3 Kota Padang dilaksanakan di awal tahun sewaktu guru mengisi perjanjian kinerja, langsung guru mengevaluasi kegiatannya di tahun yang lampau, kemudian juga disampaikan sosialisasi mengenai penyusunan Evaluasi Diri Madrasah (EDM). 2) Dampak Evaluasi Diri Madrasah (EDM) terhadap mutu pendidikan di MTsN 3 Kota Padang sangat besar dampak yang terlihat, karena dari adanya evaluasi dapat diketahui bagaimana cara mengatasi permasalahan yang timbul, supaya di kegiatan berikutnya permasalahan yang sejenis tidak terulang kembali dan bagaimana cara mencari solusi yang terbaik untuk mengatasinya. 3) Faktor pendukung dan penghambat Evaluasi Diri Madrasah (EDM) dalam meningkatkan mutu pendidikan di MTsN 3 Kota Padang, dilihat dari faktor pendukungnya pihak Madrasah jauh hari sudah mempersiapkan diri untuk pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (EDM). Sedangkan faktor penghambatnya masih belum mencukupi dari anggaran yang ada dalam pelaksanaan Evaluasi Diri Madrasah (EDM) yang mencakup delapan Standar Nasional Pendidikan (SNP), sehingga sulit dalam melaksanakan segala aktifitas kegiatan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Manajemen Pendidikan Islam Konsentrasi Bimbingan Konseling Islam
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 19 Sep 2022 02:56
Last Modified: 19 Sep 2022 02:56
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10820

Actions (login required)

View Item View Item