PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMAN 5 PADANG

MUHAMMAD, ZAKY (2022) PENGGUNAAN MEDIA PEMBELAJARAN E-LEARNING PADA MATA PELAJARAN SEJARAH DI KELAS XI IPS SMAN 5 PADANG. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
MUHAMMAD_ZAKY_1814090017_Cover, Dll - Muhammad Zaky.pdf

Download (923kB)
[img] Text
MUHAMMAD ZAKY_1814090017_BAB I - Muhammad Zaky.pdf

Download (175kB)
[img] Text
MUHAMMAD ZAKY_1814090017_BAB II - Muhammad Zaky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (198kB)
[img] Text
MUHAMMAD ZAKY_1814090017_BAB III - Muhammad Zaky.pdf

Download (156kB)
[img] Text
MUHAMMAD ZAKY_1814090017_BAB IV - Muhammad Zaky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)
[img] Text
MUHAMMAD ZAKY_1814090017_BAB V+DAFTAR PUSTAKA - Muhammad Zaky.pdf

Download (154kB)
[img] Text
MUHAMMAD ZAKY_1814090017_fulltext (1) - Muhammad Zaky.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Peneltian ini memiliki latar belakang bahwa Penggunaan media E-learning pada pembelajaran masa kini terhadap mata pelajaran sejarah sangat esensial (perlu sekali/penting) dibandingkan dengan mata pelajaran lain, lantaran pelajaran sejarah adalah mata pelajaran mengenai kejadian masa lalu dan berkembang hingga zaman sekarang sehingga membutuhkan informasi yang terbukti, bukan imajinasi semata dan hal inilah yang berlangsung di SMAN 5 Padang. Memiliki rumusan masalah Bagaimana rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) yang digunakan guru dalam pembelajaran sejarah menggunakan media E-Learning, Bagaimana penggunaan media pembelajaran e-learning pada pembelajaran sejarah, dan apa kelebihan serta kekurangan menggunakan media E-Learning dalam pembelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 5 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, penggunaan serta kelebihan dan kekurangan menggunakan media E-Learning pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 5 Padang. Penelitian ini menggunakan metode Kualtitatif deskriptif yang diawali dengan proses observasi, wawancara, dan dokumentasi. Adapun sumber data yang digunakan adalah data-data primer yang bersumber dari guru mata pelajaran sejarah dan siswa kelas XI IPS SMAN 5 Padang dan sekunder yang bersumber dari data-data arsip dan dokumentasi terkait penelitian. Temuan penelitian ini berhasil mengungkapkan: Pertama, RPP pembelajaran sejarah sejalan dengan media E-Learning yang digunakan guru dalam proses belajar mengajar sejarah di kelas XI IPS SMAN 5 Padang. Kedua, Penggunaan media e-learning digunakan oleh siswa dan guru dalam proses belajar, mecari, dan menambah referensi pembelajaran. Sebagai contoh telah terdapat penggunaan aplikasi meet, LMS dan video Conference, classroom sebagai media pembelajaran sejarah. Ketiga, media E-Learning mempunyai kelebihan pada mata pelajaran sejarah di kelas XI IPS SMAN 5 Padang seperti: siswa menjadi aktif dan senang dalam belajar karena media yang digunakan adalah mainan siswa sehari-hari, guru lebih condong untuk menggunakan media pembelajaran karena mudah untuk digunakan dalam menyampaikan materi ajar, RPP dan seperangkatnya sejalan dengan media yang digunakan. Disamping itu juga terdapat kekurangan yang dimiliki. Adapun kekurangannya seperti: berupa penggunaan media itu sendiri, kerusakan media pembelajaran karena tidak menutup kemungkinan media yang digunakan mengalami gangguan, gangguan jaringan apabila materi yang diberikan membutuhkan akses internet dan PLN karena pemadaman listrik yang tidak menentu dan lain sebagainya.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 16 Sep 2022 03:01
Last Modified: 16 Sep 2022 03:01
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10768

Actions (login required)

View Item View Item