METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH ( STUDI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PADANG)

MUHAMMAD, FIQRI (2022) METODE JIGSAW DALAM PEMBELAJARAN SEJARAH ( STUDI DI SEKOLAH MENENGAH KEJURUAN NEGERI 2 PADANG). Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Muhammad Fiqri_1814090067_Cover,dll - Fikry Hwang.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Muhammad Fiqri_1814090067_Bab I - Fikry Hwang.pdf

Download (494kB)
[img] Text
Muhammad Fiqri_1814090067_Bab II - Fikry Hwang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (557kB)
[img] Text
Muhammad Fiqri_1814090067_Bab III - Fikry Hwang.pdf

Download (249kB)
[img] Text
Muhammad Fiqri_1814090067_Bab IV - Fikry Hwang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (676kB)
[img] Text
Muhammad Fiqri_1814090067_Bab V - Fikry Hwang.pdf

Download (238kB)
[img] Text
Muhammad Fiqri_1814090067_Fulltext - Fikry Hwang.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perencanaan pembelajaran melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembejaran Sejarah di SMKN 2 Padang, dan pelaksanaan pembelajaran melalui metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang. Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif kualitatif. Metode kualitatif ini merupakan metode penelitian yang mencari kebenaran melalui cara-cara yang alami, natural. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian lapangan (field research) dengan langsung terjun ke lapangan untuk mengambil data yang dibutuhkan. Penelitian lapangan merupakan metode untuk bagaimana perencanaan dan pelaksanaan guru dalam menggunakan metode pembelajaran kooperatif tipe Jigsaw dalam pembelajaran Sejarah di Sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang. . Dari hasil penelitian di lapangan maka dapat diperoleh hasil penelitian bahwa dalam proses pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode jigsaw pada pembelajaran sejarah sudah terlaksana dimulai dari perencanaan pembelajaran yang disusun oleh guru seperti perangkat pembelajaran, bahan dan media pembelajaran, pelaksanaan pembelajaran dengan menggunakan metode Jigsaw pada pembelajaran sejarah terlaksana dengan baik akan tetapi terdapat beberapa problematika seperti terbatasnya pengetahuan kelompok, durasi waktu yang singkat, dan tidak tersampaikannya materi pembelajaran secara menyeluruh kepada siswa. Walaupun terjadi kendala pelaksanaan metode jigsaw pada mata pelajaran sejarah siswa/siswi Sejarah di Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang. menyukai metode ini, hal ini dilihat dari respon siswa/siswi dan hasil wawancara. Siswa yang tertarik dengan diterapkannya pelaksanaan metode Jigsaw ini peneliti mengamati perubahan dari aktif dalam proses pembelajaran sehingga partisipasi belajar siswa menjadi maksimal, siswa menjadi lebih aktif dalam berfikir dan melakukan kerjasama dengan baik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 16 Sep 2022 02:57
Last Modified: 16 Sep 2022 02:57
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10767

Actions (login required)

View Item View Item