MUHAMMAD, FAUZAN YUNUS (2022) PELAKSANAAN PENILAIAN AUTENTIK PEMBELAJARAN SEJARAH PADA KURIKULUM 2013 DI MADRASAH ALIYAH NEGERI 5 AGAM. Skripsi thesis, FAKULTAS TARBIYAH DAN KEGURUAN.
Text (COVER DAN ABSTRAK)
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_Cover,dll - Muhammad Fauzan yunus.pdf - Published Version Download (431kB) |
|
Text (BAB I)
Muhammad Fauzan Yunus _1814090008_BAB I - Muhammad Fauzan yunus.pdf - Published Version Download (374kB) |
|
Text (BAB II)
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_BAB II - Muhammad Fauzan yunus.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (369kB) |
|
Text (BAB III)
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_BAB III - Muhammad Fauzan yunus.pdf - Published Version Download (365kB) |
|
Text (BAB IV)
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_BAB IV - Muhammad Fauzan yunus.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (310kB) |
|
Text (BAB V)
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_BAB V - Muhammad Fauzan yunus.pdf - Published Version Download (266kB) |
|
Text (FULL TEXT)
Muhammad Fauzan Yunus_1814090008_Fulltext - Muhammad Fauzan yunus.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (3MB) |
Abstract
Tujuan penelitian adalah (1) untuk mengetahui perencanaan penilaian autentik di MAN 5 Agam oleh guru mata pelajaran sejarah. (2) untuk mengerahui pelaksanaan penilaian autentik di MAN 5 Agam. (3) untuk mengetahui apa dampak dari pelaksanaan penilaian autentik. Metode penelitian yang digunakan dalam pendekatan ini yaitu menggunakan metode kualitatif dengan metode deskriptif untuk memperoleh data yang digunakan metode wawancara, studi lapangan. Untuk menguji obyektifitas dan kebasahan data digunakan teknik triangulasi sumber. Triangulasi sumber berarti untuk mendapatkan data dari sumber yang berbeda-beda dengan menggunakan tenknik yang sama. Berdasarkan hasil penelitian yang telah dilakukan dapat diperoleh informasi bahwa pendidik melaksanakan penilaian autentik dalam pembelajaran sejarah yang mencakup penilaian kompetensi sikap, pengetahuan dan keterampilan. Kendala terletak kepada perencanaa dan prosedur penilaian yang mana (1) perencanaan penilaian autentik pembelajaran sejarah dalam kurikulum 2013 di MAN 5 Agam sudah terlaksana sesuai kurikulum 2013. (2) pelaksanaan penilaian autentik dalam pembelajaran sejarah sudah terlaksana sesuai tuntutan kurikulum 2013. (3) dampak dari pelaksanaan penilaian autentik pada pembelajaran sejarah di MAN 5 Agam yaitu : dengan adanya penilaian autentik kurikulum 2013 pada pembelajaran sejarah di MAN 5 Agam ini diharapkan dampak menilai capaian kompetensi peserta didik berdasarkan aspek yang ada, tetapi karna bukti pelaksanaan sesuai kurikulum 2013 terkendala dilakukan di sekolah yang diteliti jadi belum terlihat hasil yang sesuai. Solusinya untuk mengatasinya dengan melakukan pelatihan, workshop tentang penilaian autetik dan dan kurikulum 2013, sarana dan prasarana sekolah harus memadai, proses belajar mengajar yang harus kondusif, peran kepala sekolah sebagai pendamping.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Ratnawita Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 16 Sep 2022 02:50 |
Last Modified: | 18 Jul 2023 02:07 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10764 |
Actions (login required)
View Item |