PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-KORAMAH AIDARUSY (2011-2022)

REGI, SASRA MAIHARJA (2022) PERKEMBANGAN PONDOK PESANTREN AL-KORAMAH AIDARUSY (2011-2022). Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
REGI S M_1714090033_C0VER DLL - Ita Purnama Srg.pdf

Download (1MB)
[img] Text
REGI_1714090033_BAB I - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (367kB)
[img] Text
REGI S M_1714090033_BAB II - Ita Purnama Srg.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (306kB)
[img] Text
REGI S M_1714090033_BAB III - Ita Purnama Srg.pdf

Download (192kB)
[img] Text
REGI S M_1714090033_BAB IV - Ita Purnama Srg.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (569kB)
[img] Text
REGI_1714090033_BAB V-PUSTAKA - 0056 Mela Ayu Wandira.pdf

Download (508kB)
[img] Text
REGI S M_FULLTEXT - Ita Purnama Srg.pdf

Download (3MB)

Abstract

“Perkembangan Pondok Pesantren Al-Koramah Aidarusy (2011-2022)” disusun oleh Regi Sasra Maiharja, NIM. 1714090033 Program Studi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri (UIN) Imam Bonjol Padang tahun 2022 M/1443 H. Penelitian ini dilatarbelakangi karena keinginan KH Ujang Umar mendirikan lembaga pendidikan Islam di Desa Sibiruang, Kecamatan Koto Kampar Hulu. Sebab masih belum terlalu banyak berdirinya pondok pesantren di daerah tersebut, dengan demikian menarik perhatian KH Ujang Umar untuk menbangun sekolah berbasis Islam yaitu Pondok Pesantren Al-Koramah Aidarusy. Tujuannya agar pendidikan Islam di desa Sibiruang dapat berkembang dan bisa bermamfaat untuk generasi zaman sekarang. Metode penelitian yang digunakan dalam penulisan ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari beberapa langkah yaitu: pertama heuristik yaitu penulis berusaha mengumpulkan data, baik itu data primer maupun data sekunder, kedua kritik sumber yaitu pengkritikan data dari segi interen maupun eksteren. Ketiga interpretasi yaitu memberikan penafsiran terhadap sumber atau fakta yang telah ditemukan, kemudian yang keempat yaitu melakukan penulisan atau historiografi dengan menggunakan data dan fakta yang telah diperoleh. Hasil penelitian ini adalah Pertama, KH. Ujang Umar, S.Ag di Desa Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu Kebupaten Kampar, tanggal 18 Maret 1965, KH. Ujang Umar merupakan putra dari pasangan Umar (Ayah) dan Tinur (Ibu), Setelah menamatkan sekolah di Pondok Pesantren, Ujang Umar Mengamalkan dan mengembangkan ilmu agama Islam yang dimilikinya melalui jalur dakwah dari mesjid ke mesjid dan atau mushalla dan juga mengadakan pengajian atau majelis ta’lim bersama masyarakat. Dengan keadaan demikian KH Ujang Umar memiliki keinginan untuk mendirikan sebuah lembaga pendidikan agama di Desa Sibiruang. Maka, pada 8 Maret 2011 Yayasan Al-Karomah Aidarusy membuka sekolah Pondok Pesantren Al-Karomah Aidarusy berada di Desa Sibiruang Kecamatan Koto Kampar Hulu. Kedua, perkembangan Pondok Pesantren Al-Koramah Aidarusy pada tahun 2011-2016. Diawali dari kepemimpinan KH Ujang Umar, ia merupakan pendiri Pondok Pesantren Al-Koramah Aidarusy. Dalam mengembangkan Pondok Pesantren, ia terus memperhatikan pelaksanaan kurikulum, pembangunan masjid, sarana olahraga, asrama putera dan puteri, pertumbuhan peserta didik, kualitas pendidik (guru), prestasi siswa, ia menjadikan pembelajan kitab kuning menjadi pembelajaan wajib. Pada tahun 2016-2022 kepemimpinan Pondok Pesantren Al-Koramah Aidarusy digantikan oleh Wahyu Qodri Eka Putra, masa kepemimpinan beliau pesantren terus mengalami pertumbuhan dan perkembangan, diantara perubahan yang dilakukan seperti merubah kurikulum KTSP menjadi kurikulum 2013, di tahun 2022 ia sedang penyusunan kurikulum merdeka. Jumlah murid terus stabil. Sarana dan prasarana Pondok Pesantren Al-Koramah Aidarusy juga menjadi perhatian utama. Diantaranya merenovasi masjid, menambah bangunan asrama, menambah sarana olahraga, membangun gedung pertemuan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 07:43
Last Modified: 15 Sep 2022 07:43
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10738

Actions (login required)

View Item View Item