PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNO-STEM BERBANTUAN CANVA TERINTEGRASI ALAT MUSIK GORDANG SAMBILAN TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 PESERTA DIDIK

RISKI, INAYAH (2022) PENGEMBANGAN E-MODUL BERBASIS ETNO-STEM BERBANTUAN CANVA TERINTEGRASI ALAT MUSIK GORDANG SAMBILAN TERHADAP KETERAMPILAN ABAD 21 PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Riski Inayah_1814080022_Cover, dll - Riski Inayah.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Riski Inayah_1814080022_Bab I - Riski Inayah.pdf

Download (503kB)
[img] Text
Riski Inayah_1814080022_Bab II - Riski Inayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Riski Inayah_1814080022_Bab III - Riski Inayah.pdf

Download (529kB)
[img] Text
Riski Inayah_1814080022_Bab IV - Riski Inayah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)
[img] Text
Riski Inayah_1814080022_Bab V - Riski Inayah.pdf

Download (479kB)
[img] Text
Riski Inayah_1814080022_Fulltext - Riski Inayah.pdf

Download (5MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi karena pendidik masih menggunakan pendekatan dan bahan ajar yang kurang tepat saat proses pembelajaran berlangsung sehingga tidak mampu mengkongkritkan pelajaran fisika yang dikenal abstrak, selit dan membosankan. Pendidikan abad 21 membutuhkan pendekatan dan keterampilan yang dapat mengimbangi pesatnya kemajuan dan teknologi. Maka penggunaan bahan ajar berupa E-Modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva merupakan solusi untuk mengkongkritkan pelajaran fisika sehingga membantu peserta didik terkoneksi dengan cepat dengan materi karena penggunaan kearifan lokal Gordang Sambilan yang sering ditemukan dikehidupan sehari-hari. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengembangkan E-Modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva terintegrasi Alat Musik Gordang Sambilan terhadap keterampilan abad 21 peserta didik yang valid, praktis dan efektif. Jenis Penelitian ini merupakan Research & Development (RnD) dengan menggunakan model pengembangan Plomp yang terdiri dari 3 tahap yaitu: penelitian pendahuluan (preliminary research), pengembangan prototipe (development prototype phase), dan tahap penilaian (assesment phase). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa e-modul berbasis etno-STEM sangat valid denga skor rata-rata 89% dilihat dari perolehan persentase uji kelayakan isi/materi 90,67%, kelayakan bahasa 95%, dan kelayakan kontruksi 81,33%. Praktikalitas oleh pendidik 95,55% dan dan peserta didik 81% dengan kategori sangat praktis. Keefektifan dikategorikan sangat efektif dengan perolehan skor rata-rata angket efektifitas 82,11% Untuk soal tes berpikir kritis pada K.D 7.1 dan K.D 7.2 diperoleh skor rata-rata 82,42% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa e-modul berbasis Etno-STEM berbantuan Canva terintegrasi Alat Musik Gordang Sambilan terhadap Keterampilan Abad 21 peserta didik sangat valid, praktis dan efektif.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 03:52
Last Modified: 15 Sep 2022 03:52
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10731

Actions (login required)

View Item View Item