Windi, Melani Elviyonita (2022) PENERAPAN VIDEO PEMBELAJARAN BERBASIS ANDROID TERHADAP KEMAMPUAN BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMK N 3 KEPULAUAN MENTAWAI. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Windi Melani Elviyonita_1314080067_Cover - Windi Melani.pdf Download (879kB) |
|
Text
Windi Melani Elviyonita_1714080067_BAB I - Windi Melani.pdf Download (576kB) |
|
Text
Windi Melani Elviyonita_1714080067_BAB II - Windi Melani.pdf Restricted to Repository staff only Download (664kB) |
|
Text
Windi Melani Elviyonita_1714080067_BAB III - Windi Melani.pdf Download (636kB) |
|
Text
Windi Melani Elviyonita_1714080067_BAB IV - Windi Melani.pdf Restricted to Repository staff only Download (684kB) |
|
Text
Windi Melani Elviyonita_1714080067_BAB V+DAFTAR PUSTAKA - Windi Melani.pdf Download (742kB) |
|
Text
Windi Melani Elviyonita_1714080067_FULL TEXT - Windi Melani.pdf Restricted to Repository staff only Download (4MB) |
Abstract
Penerapan Video Pembelajaran berbasis Android Terhadap Kemampuan Berfikir Kritis Peserta Didik SMK N 3 Kepulauan Mentawai. Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022, halaman 81. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh beberapa permasalahan pembelajaran fisika di kelas X SMK N 3 Kepulauan Mentawai, salah satunya adalah kurangnya kemampuan berfikir kritis peserta didik. Faktor penyebabnya adalah dalam pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada pendidik dan kurangnya bahan ajar. Media yang digunakan belum bervariasi sehingga membuat sebagian peserta didik merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu penerapan penggunaan video pembelajaran berbasis android terhadap kemampuan berfikir kritis peserta didik pada materi teori kinetik gas dan hukum termodinamika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah Counterbalanced design. Populasi penelitian seluruh kelas X SMK N 3 Kepulauan Mentawai dan sampel penelitian adalah kelas X TBSM berjumlah 20 orang dan X TITL berjumlah 20 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Data yang diambil diuji menggunakan uji hipotesis adalah uji t. Hasil yang diperoleh: Hasil belajar pada penerapan video pembelajaran berbasis android lebih baik dari pada pembelajaran konvensional. Skor rata-rata pada pembelajaran penerapan video pembelajaran berbasis android kelas X TBSM (88,6) skor rata-rata pada pembelajaran tanpa video pembelajaran berbasis android (66,8) sedangkan kelas X TITL skor rata-rata penerapan video pembelajaran berbasis android (86,25), skor rata-rata pada pembelajaran tanpa video pembelajaran berbasis android (65,9). Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel atau 1.9921>1.73406 Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan video pembelajaran berbasis android lebih baik dari pada pembelajaran konvensional pada pokok bahasan teori kinetik gas dan hukum termodinamika.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 03:36 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 03:36 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10726 |
Actions (login required)
View Item |