ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA BUKU FISIKA SMA KELAS X

ZEMI, AGUS MARLINA (2022) ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) PADA BUKU FISIKA SMA KELAS X. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Zemi Agus Marlina_1614080049_Cover - Zemi Agus marlina.pdf

Download (1MB)
[img] Text
Zemi Agus Marlina_1614080049 BAB I - Zemi Agus marlina.pdf

Download (788kB)
[img] Text
Zemi Agus MArlina_1614080049_BAB II - Zemi Agus marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (880kB)
[img] Text
Zemi Agus Marlina_1614080049_ BAB III - Zemi Agus marlina.pdf

Download (825kB)
[img] Text
Zemi Agus Marlina_1614080049_BAB IV - Zemi Agus marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
Zemi Agus Maarlina_ 1614080049_BAB V - Zemi Agus marlina.pdf

Download (823kB)
[img] Text
Zemi Agus Marlina_1614080049_Fultext_ Zemi Agus Maarlina_1614080049_Cover_BAB 1_BAB 2_BAB 3_BAB 4_ BAB 5 - Zemi Agus marlina.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)
[img] Text
Zemi Agus Marlina_1614080049_Produk - Zemi Agus marlina.pdf

Download (3MB)

Abstract

Analisis Soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) Pada Buku Fisika Kelas X SMA, Skripsi: Program Studi IPA Konsentrasi Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 134 halaman. Penelitian ini dilatar belakangi oleh hasil studi pendahuluan kemampuan peserta didik dalam menjawab soal HOTS. Pembelajaran menggunakan soal HOTS dapat melatih cara berpikir peserta didik. Hasil studi International melalui Programme for International Student Assesment (PISA) dapat dijadikan rujukan mengenai kemampuan peserta didik dalam menjawab soal HOTS di Indonesia lebih rendah dibanding dengan negara lain. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui analisis soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada buku fisika kelas X terbitan Tiga Serangkai berdasarkan aspek HOTS. Aspek HOTS yang di analisis seperti aspek ranah kognitif (menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6) ), kategori HOTS, dan persentase dari soal Higher Order Thinking Skill (HOTS ). Penelitian ini merupakan penelitian library research (penelitian kepustakaan) yaitu sebuah penelitian yang dilakukan dengan mempelajari dan membaca karya-karya tertulis yang terkait dengan persoalan yang dikaji. Buku ajar yang digunakan dalam penelitian ini banyak dipilih digunakan di SMA se-Kabupaten Pesisir Selatan. Pengumpulan data di lakukan dengan menganalisis setiap soal evaluasi yang ada pada bab VII sampai bab VIII. Analisis data dalam penelitian ini yaitu menganalisis soal dilihat dari ranah kognitif HOTS, menganalisis kategori soal HOTS, dan menganalisis persentase dari soal HOTS. Hasil analisis soal Higher Order Thinking Skill (HOTS) pada buku pelajaran fisika kelas X terbitan Tiga Serangkai diperoleh hasil dari 60 butir soal yang dianalisis didapatkan 18 butir soal atau 30% soal yang memenuhi soal tipe HOTS kategori kurang dari setengah dan didapatkan 42 butir soal atau 70% soal tipe LOTS kategori setengah. Secara lebih rinci didapatkan hasil bahwa terdapat 1 butir soal atau 4% soal termasuk dalam kategori mengingat (C1), 13 butir soal atau 25,14% soal termasuk dalam kategori memahami (C2), 29 butir soal atau 98,85% soal termasuk dalam kategori mengaplikasikan (C3), 17 butir soal atau 53,24% soal termasuk dalam kategori menganalisis (C4), 1 butir soal atau 2,85% soal termasuk dalam kategori megevaluasi (C5), dan tidak ditemukan soal yang memenuhi kategori mencipta (C6). Berdasarkan angka persentase yang didapatkan dapat disimpulkan bahwa penggunaan soal HOTS pada buku fisika kelas X terbitan Tiga Serangkai belum memenuhi standar HOTS sehingga perlu diperbaiki.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:23
Last Modified: 15 Sep 2022 02:23
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10716

Actions (login required)

View Item View Item