PENERAPAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN WEB BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

SISILA, OVAVIA (2022) PENERAPAN MODUL ELEKTRONIK FISIKA BERBASIS MODEL BRAIN BASED LEARNING BERBANTUAN WEB BLOG TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.

[img] Text
Sisilia Ovavia_1614080017_cover,kata pesembahan, persetujuan pembimbing, pengesahan tim penguji, keaslian, abstrak, daftar isi, daftar tabel, daftar gambar, kata pengantar_1 - perpus tarbiyah.pdf

Download (8MB)
[img] Text
SISILIA OVAVIA_1614080017_Bab I - sisilia ovavia.pdf

Download (562kB)
[img] Text
SISILIA OVAVIA_1614080017_Bab II - sisilia ovavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
SISILIA OVAVIA_1614080017_Bab III - sisilia ovavia.pdf

Download (588kB)
[img] Text
SISILIA OVAVIA_1614080017_Bab IV - sisilia ovavia.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (870kB)
[img] Text
Sisilia Ovavia_1614080017_Bab V-Daftar Pustaka - sisilia ovavia.pdf

Download (450kB)
[img] Text
SISILIA OVAVIA_1614080017_FULLTEXT - perpus tarbiyah.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (12MB)

Abstract

Penerapan Modul Elektronik Fisika Berbasis Model Brain Based Learning Berbantuan Web Blog Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik. Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022, halaman 102. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar peserta didik XI MIA SMAN 2 Koto XI Tarusan masih banyak yang berada dibawah kriteria ketuntasan minimal (78). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik diantaranya dalam pembelajaran yang berlangsung masih berpusat pada pendidik dan kurangnya bahan ajar. Media yang digunakan belum bervariasi sehingga membuat sebagian peserta didik merasa bosan dalam mengikuti proses pembelajaran. Tujuan penelitian yaitu untuk mengetahui penerapan penggunaan modul elektronik berbantuan Web Blog pada pembelajaran fisika dengan model Brain Based Learning terhadap hasil belajar peserta didik pada materi teori kinetik gas dan termodinamika. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian quasy eksperimen dengan rancangan yang digunakan adalah Counterbalanced design. Populasi penelitian seluruh kelas XI MIA SMAN 2 Koto XI Tarusan dan sampel penelitian adalah kelas XI MIA 1 berjumlah 34 orang dan XI MIA 2 berjumlah 34 orang. Instrumen penelitian yang digunakan adalah lembar tes. Data yang diambil diuji menggunakan uji hipotesis adalah uji t. Hasil yang diperoleh: Hasil belajar pada penerapan modul elektronik Web Blog dalam pembelajaran model Brain Based Learning lebih baik daripada pembelajaran model Discovery Learning. Aspek kognitif pada KD 3.6 grup 1 (XI 1) mendapatkan nilai rata-rata 87,17, grup 2 (XI 2) dengan nilai rata-rata 78,08 sedangkan pada KD 3.7, grup 1 (XI 2) mendapat nilai rata-rata 87,02, grup 2 (XI 1) dengan nilai rata-rata 77,61. Berdasarkan uji hipotesis yang dilakukan diperoleh bahwa nilai thitung > ttabel atau 4,208 > 1.66827 pada KD 3.6 materi teori kinetic gas grup 1, nilai thitung > ttabel atau 4,486 > 1.66827 pada KD 3.6 materi teori kinetic gas grup 2, nilai thitung > ttabel atau 4,643 > 1.66827 pada KD 3.7 materi hokum termodinamika grup 1, nilai thitung > ttabel atau 4,338 > 1.66827 pada KD 3.7 materi hokum termodinamika grup 2 maka Ha diterima. Maka dapat disimpulkan bahwa pembelajaran dengan menggunakan modul elektonik dalam pembelajaran model Brain Based Learning lebih baik dari pada pembelajaran model Discovery Learning pada pokok bahasan teori kinetic gas dan termodinamika.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA
Depositing User: Ratnawita Pustakawan
Date Deposited: 15 Sep 2022 02:17
Last Modified: 15 Sep 2022 02:17
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10715

Actions (login required)

View Item View Item