SEPRI, PUTRA UTAMA (2022) PENGEMBANGAN MODUL FISIKA BERBASIS STEM TERINTEGRASI KEARIFAN LOKAL “KESENIAN RANDAI” TERHADAP BERFIKIR KRITIS PESERTA DIDIK SMA. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Sepri Putra Utama_1614080072_Cover dll - Sepri Putra.pdf Download (1MB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072 BAB I - Sepri Putra.pdf Download (371kB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072 BAB II - Sepri Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (751kB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072 BAB III - Sepri Putra.pdf Download (983kB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072 BAB IV - Sepri Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072 BAB V - Sepri Putra.pdf Download (466kB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072_Full Text - Sepri Putra.pdf Restricted to Repository staff only Download (2MB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072 PRODUK 1 - Sepri Putra.pdf Download (1MB) |
|
Text
Sepri Putra Utama_1614080072 PRODUK 2 - Sepri Putra.pdf Download (1MB) |
Abstract
Pengembangan Modul Fisika Berbasis STEM Terintegrasi Kearifan Lokal "Kesenian Randai" Terhadap Berpikir Kritis Peserta Didik SMA, Skripsi: Tadris IPA Konsentrasi Fisika, Program Sarjana Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2021, 230 Halaman. Penelitian ini dilatar belakangi karena rendahnya keterampilan berfikir kritis peserta didik dalam pembelajaran fisika dan tidak adanya modul fisika berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal yang menunjang peserta didik untuk belajar mandiri. Tujuan dari penelitian ini yaitu untuk menghasilkan produk pengembangan modul fisika berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal "kesenian randai" terhadap berpikir kritis peserta didik SMA pada pembelajaran fisika yang valid, praktis, dan efektif. Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan (R&D). Dengan menggunakan pendekatan Plomp Pendekatan yang terdiri dari tiga tahap, penelitian pendahuluan (Preliminary reseach), fase pengembangan atau prototipe (development of prototypephase), dan fase penilaian (Assesment phase).Instrumen yang digunakan dalam uji validitas modul fisika berbasis STEM diberikan kepada 5 orang ahli dinilai dari aspek materi/isi, media, bahasa dan keseluruhan. Uji praktikalitas modul diberikan kepada 1 orang pendidik fisika dan 15 orang peserta didik MAN 3 Pesisir Selatan dinilai dari aspek kemudahan dalam proses penggunaan. Uji efektifitas berupa angket dan soal, angket diberikan kepada 15 orang peserta didik kelas X MAN 3 Pesisir Selatan dinilai dari aspek kemampuan berfikir kritis peserta didik dan soal tes diberikan kepada 15 orang peserta didik kelas X MAN 3 Pesisir Selatan dengan memberikan 10 soal KD gerak lurus beraturan dan 10 soal KD gerak lurus berubah beraturan kepada peserta didik dinilai dari aspek kemampuan berfikir kritis peserta didik. Hasil penelitian menunjukkan modul fisika berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal “kesenian randai” sangat valid, sangat praktis, dan sangat efektif dalam kemampuan berfikir kritis.modul fisika dikatakan valid dari segi bahasa,materi, dan media, diperoleh nilai dengan rata-rata 87,4% kategori sangat valid. Kepraktisan modul fisika oleh pendidik dan peserta didik diperoleh nilai dengan rata-rata 81% kategori sangat praktis. Keefektifan modul fisika dari aspek kemampuan berfikir kritis peserta didik yang diperoleh dari tes angket efektifitas dengan rata-rata 83% dengan kategori sangat efektif dan tes soal diperoleh dengan rata-rata 79,3% dengan kategori sangat efektif. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa modul fisika berbasis STEM terintegrasi kearifan lokal "kesenian randai" terhadap berpikir kritis peserta didik SMA sangat valid,sangat praktis, dan sangat efektif.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:54 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:54 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10713 |
Actions (login required)
View Item |