RAHMAYANI, NOVITA (2022) ANALISIS SOAL TIPE HIGHER ORDER THINKING SKILL (HOTS) DALAM BUKU FISIKA ERLANGGA SEKOLAH MENENGAH ATAS (SMA) KELAS X. Skripsi thesis, universitas Islam Negeri imam bonjol Padang.
Text
Rahmayani Novita_1514080002_Cover,dll - Rahmayani Novita.pdf Download (1MB) |
|
Text
Rahmayani Novita_1514080002_Bab I - Rahmayani Novita.pdf Download (451kB) |
|
Text
Rahmayani Novita_1514080002_Bab II - Rahmayani Novita.pdf Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
|
Text
Rahmayani Novita_1514080002_Bab III - Rahmayani Novita.pdf Download (509kB) |
|
Text
Rahmayani Novita_1514080002_Bab IV - Rahmayani Novita.pdf Restricted to Repository staff only Download (360kB) |
|
Text
Rahmayani Novita_1514080002_Bab V - Rahmayani Novita.pdf Download (448kB) |
|
Text
Rahmayani Novita_1514080002_Fulltext - Rahmayani Novita.pdf Restricted to Repository staff only Download (5MB) |
Abstract
Analisis Soal Tipe Higher Order Thinking Skill (HOTS) dalam Buku Fisika Erlangga Sekolah Menengah Atas (SMA) Kelas X. Padang, Skripsi Program Studi IPA Konsentrasi Fisika, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang, 2022. 231 halaman Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan peserta didik dalam menjawab soal tipe HOTS. Pembelajaran menggunakan soal HOTS dapat melatih keterampilan berpikir tingkat tinggi peserta didik. Hasil pengukuran Program for International Student (PISA) dapat dijadikan rujukan bahwa kemampuan peserta didik Indonesia dalam menjawab soal HOTS masih tergolong rendah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui soal tipe HOTS dalam buku fisika kelas X SMA terbitan Erlangga. Aspek HOTS yang dianalisis yaitu aspek ranah kognitif (menganalisis (C4), mengevaluasi (C5), dan mencipta (C6)), kriteria HOTS, dan keterampilan HOTS seperti kemampuan berpikir kritis, kemampuan berpikir kreatif, dan kemampuan penyelesaian masalah. Penelitian ini merupakan penelitian library research (penelitian kepustakaan) yaitu penelitian yang dilakukan dengan membaca buku-buku dan sumber data lainnya untuk menghimpun data dari berbagai literatur. Buku ajar yang digunakan dalam penelitian ini dipilih berdasarkan kurikulum 2013 dan banyak beredar di Sekolah Menengah Atas. Pengumpulan data dilakukan dengan menganalisis setiap butir soal evaluasi yang ada pada bab VII sampai bab XI berupa soal pilihan ganda dan soal essay. Berdasarkan hasil penelitian menunjukkan bahwa soal dalam Buku Fisika Erlangga kelas X SMA diperoleh 280 butir soal yang dianalisis didapatkan 178 butir soal atau 63,57% soal tipe HOTS. Secara lebih rinci 139 butir soal atau 49,64% pada aspek menganalisis (C4), 39 butir soal atau 13,92% pada aspek mengevaluasi (C5), dan tidak ditemukan soal pada aspek mencipta (C6). Dari hasil penelitian tesebut dapat disimpulkan bahwa buku fisika Erlangga kelas X SMA sudah memuat soal tipe HOTS yang dapat digunakan untuk melatih keterampilan berpikir tingkat tingggi peserta didik
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPA |
Depositing User: | Ratnawita Pustakawan |
Date Deposited: | 15 Sep 2022 01:27 |
Last Modified: | 15 Sep 2022 01:27 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10708 |
Actions (login required)
View Item |