ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POLA DAN BARISAN BILANGAN KELAS VIII MTsN 2 KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019

Devita Anjarwati, Devita (2019) ANALISIS KEMAMPUAN METAKOGNISI PESERTA DIDIK DALAM MENYELESAIKAN MASALAH MATEMATIKA PADA MATERI POLA DAN BARISAN BILANGAN KELAS VIII MTsN 2 KOTA PADANG TAHUN PELAJARAN 2018/2019. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
COVER, PERSETUJUAN, ABSTRAK digabungkan.pdf - Published Version

Download (180kB)
[img] Text
BAB II KAJIAN TEORI (12-31)-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (291kB)
[img] Text
BAB I PENDAHULUAN ( 1-11)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (255kB)
[img] Text
BAB III METODOLOGI (32-61)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (317kB)
[img] Text
BAB IV HASIL DAN PEMBAHASAN (62-113)-dikonversi.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)
[img] Text
BAB V PENUTUP (114-115).pdf - Published Version

Download (21kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA (116-117)-dikonversi.pdf - Published Version

Download (138kB)
[img] Text
FULLGABUNGAN KESELURUHAN (1 FILE PDF).pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya kemampuan metakognisi peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Padang. Peserta didik sudah memiliki kemampuan dan pengetahuan yang baik, namun belum mampu menggunakannya dengan tepat. Hal ini terlihat dari hasil penyelesaian masalah dari tugas-tugas yang diberikan, bahwa peserta didik masih belum mampu mengemukakan ide yang dimiliki. Peserta didik juga masih ragu-ragu dalam menjawab pertanyaan pendidik selama proses pembelajaran berlangsung, serta ada peserta didik yang hanya menyalin tugas temannya meski peserta didik tersebut memiliki kemampuan yang cukup untuk menyelesaikan sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan metakognisi peserta didik dalam penyelesaian masalah matematika pada peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Padang. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan metode penelitian kuantitatif. Populasi penelitian adalah semua peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Padang. Pengambilan sampel didasarkan pada teknik purposive sampling yang memperhatikan pertimbangan menurut tujuan penelitian, Instrumen penelitian yang digunakan berupa tes tertulis penyelesaian masalah dan angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kemampuan metakognisi peserta didik kelas VIII MTsN 2 Kota Padang dalam menyelesaikan masalah matematika pada materi pola dan barisan bilangan tergolong tinggi, dengan rincian persentase peserta didik pada tahap perencanaan adalah 65,3% dan pada tahap monitoring 69,85%, sedangkan pada tahap mengevaluasi tergolong rendah yaitu sebesar 26,5%. Ini mengindikasikan bahwa ada peserta didik yang memiliki kesadaran tinggi dalam proses berpikirnya, namun tidak mampu merealisasikannya pada jawaban tes yang dikerjakan, sehingga hal yang sangat berbeda ditunjukkan pada elemen mengevaluasi hasil. Banyak peserta didik yang menyadari pentingnya memeriksa hasil/kesimpulan penyelesaian, namun tidak mampu menuliskannya pada jawaban tes yang diberikan. Dari hasil penelitian, disarankan agar peserta didik sebaiknya mengenali kemampuan dan potensi diri sendiri sebagai bekal dalam menyelesaikan masalah secara maksimal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris Matematika
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 13 Sep 2022 03:10
Last Modified: 13 Sep 2022 03:10
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10668

Actions (login required)

View Item View Item