PERKEMBANGAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PADANG PARIAMAN KECAMATAN 2 X11 KAYU TANAM TAHUN 1964-2017

Zarni Yeti, Yeti (2019) PERKEMBANGAN MADRASAH TSANAWIYAH NEGERI 1 PADANG PARIAMAN KECAMATAN 2 X11 KAYU TANAM TAHUN 1964-2017. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, abstrak Zarni Yeti.pdf - Published Version

Download (186kB)
[img] Text
BAB 1.pdf - Published Version

Download (432kB)
[img] Text
BAB 2.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (396kB)
[img] Text
BAB 3.pdf - Published Version

Download (235kB)
[img] Text
BAB 4.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (802kB)
[img] Text
BAB 5.pdf - Published Version

Download (124kB)
[img] Text
Daftar Pustaka.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text
Gabungan 1414090753 Zarni Yeti. T.IPS Sejarah. FTK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Pariaman Kecamatan 2X11 Kayu Tanam tahun 1964-2017, disusun oleh Zarni Yeti NIM: 1414090753 Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah, Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Imam Bonjol Padang 2019. Latar belakang permasalahan dalam penelitian ini adalah sejarah berdiri Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Pariaman bermula dari keinginan masyarakat Kenagarian Kepala Hilalang untuk mendirikan Madrasah. Hal ini dikarenakan di nagari tersebut belum ada sekolah agama setingkat SLTP, bahkan SLTP sendiri belum ada. Perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Pariaman mengalami perjalanan yang cukup panjang hingga akhirnya mampu bangkit dan menunjukkan keeksitensianya. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui sejarah berdiri Madrasah Tsnawiyah Negeri 1 Padang Pariaman dan bagaimana perkembangan Madrasah Tsanawiyah Negeri 1 Padang Pariaman Kecamatan 2X11 Kayu Tanam tahun 1964-2017. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian sejarah yang terdiri dari empat tahap. 1) Heurisrtik adalah mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. 2) Melakukan kritik sumber terhadap data yang didapatkan di lapangan. 3) Interpretasi data, yaitu mengelompokan data yang kemudian di analisis dan dirangkai menjadi data yang relevan dan terpercaya. 4) Historiografi merupakan penulisan sejarah dalam bentuk karya ilmiah. Dari hasil penelitian ini diperoleh informasi bahwa, pertama Madrasah didirikan diatas tanah wakaf salah seorang masyarakat bernama Inyiak Antam. Menurut cucu beliau, penulis temui berpesan tanah yang diwakafkan yang boleh didirikan lembaga pendidikan, supaya anak-anak Nagari Kepala Hilalang dapat menuntut ilmu agama Islam disekolah tersebut. Kemudian berdasarkan informasi yang diperoleh dijelaskan bahwa pada awalnya madrasah ini bernama MTsS Kepala Hilalang didirikan pada tahun 1964. Kedua Dalam perkembangannya Madrasah ini berubah nama menjadi MTsN Kepala Hilalang pada tahun 1974 dengan dikeluarkan SK Kementerian Agama Republik Indonesia kemudian pada tahun 2016 terjadi perubahan kembali nama dari sekolah ini menjadi MTsN1 Padang Pariaman Kecamatan 2X11 Kayu Tanam. Perkembangan MTsN 1 Padang Pariaman dari tahun 1964-2017 dapat dilihat dari 5 aspek. Kelima aspek mempunyai perbedaan dan dapat dilihat pada tiga belas periode kepemimpinan. pertama, perkembangan peserta didik pada awal berdiri tahun 1964-1974 jumlah peserta didik 36 orang dan tahun 2017 sudah berjumlah 547 orang. Kedua, pada awalnya tenaga pendidik berjumlah 6 orang dan sekarang pada tahun 2017 jumlah tenaga pendidik 57 orang. Tiga, kurikulum yang dipakai sesuai dengan kurikulum pemerintah, yaitu awalnya kurikulum Rentjana Pendidikan 1964, kurikulum 1975, kurikulum KBK, Kurikulum Tingkat satuan Pendidikan KTSP, dan kurikulum 2013. Keempat, perkembangan sarana dan prasarana pada awalnya ada 3 lokal dan sekarng berjumlah 17 lokal. Kelima, perkembangan prestasi sekolah baru terlihat pada tahun 2000 dan tahun 2006 sampai sekarang sudah terlihat peningkatan.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 12 Sep 2022 03:09
Last Modified: 12 Sep 2022 03:09
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10630

Actions (login required)

View Item View Item