DINAMIKA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SURAU BALENGGEK BALAH HILIR KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN PADA ABAD XX (1900-1999)

Apria Citra, Apria (2019) DINAMIKA PERKEMBANGAN PENDIDIKAN ISLAM DI SURAU BALENGGEK BALAH HILIR KECAMATAN LUBUK ALUNG KABUPATEN PADANG PARIAMAN PADA ABAD XX (1900-1999). Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.

[img] Text
cover, persetujuan pembimbing, abstrak Tika Apria Citra.pdf - Published Version

Download (1MB)
[img] Text
BAB I.pdf - Published Version

Download (482kB)
[img] Text
BAB II.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (591kB)
[img] Text
BAB III.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
Bab IV.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (489kB)
[img] Text
BAB V.pdf - Published Version

Download (120kB)
[img] Text
DAFTAR PUSTAKA.pdf - Published Version

Download (242kB)
[img] Text
Gabungan 1414090617 Tika Apria Citra- T. IPS Sejarah. FTK.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract

ABSTRAK Skripsi ini berjudul: Dinamika Perkembangan Pendidikan Islam di Surau Balenggek Balah Hilir Kecamatan Lubuk Alung Kabupaten Padang Pariaman pada abad XX (1900-1999). Disusun oleh Tika Apria Citra Nim.1414090617 Mahasiswa Program Studi Tadris Ilmu Pengetahuan Sosial Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang Tahun 2019. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh adanya ketertarikan penulis terhadap Surau Balenggek di Nagari Balah Hilir Kecamatan Lubuk Alung sebagai salah satu surau tua di Kabupaten Padang Pariaman. Pada abad XX (1900-1999) Surau Balenggek sangat berperan dalam mengembangkan Pendidikan Islam di Kecamatan Lubuk Alung. Pendidikan Islam di Surau Balenggek mengalami dinamika yang cukup panjang sehingga mampu memberikan warna terhadap perkembangan ilmu agama Islam di Kecamatan Lubuk Alung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui gambaran umum Nagari Balah Hilir, sejarah berdirinya Surau Balenggek, dan bagaimana dinamika perkembangan Pendidikan Islam di Surau Balenggek Balah Hilir Kecamatan Lubuk Alung pada abad XX (1900-1999). Penelitian ini adalah penelitian lapangan (field research) yang mengunakan metode sejarah dengan langkah-langkah sebagai berikut: (1) Heuristik, yaitu mengumpulkan sumber-sumber sejarah melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, (2) Melakukan kririk sumber terhadap data yang didapatka di lapangan, (3) interprestasi data, yaitu mengelompokan data yang kemudian dianalisis dan dirangkai menjadi data yang relevan dan terpercaya, (4) Historiografi, yaitu penulisan cerita sejarah dalam bentuk karya ilmiah. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa , pertama: gambaran umum Nagari Balah Hilir dengan jumlah penduduk pada tahun 2017 sebanyak 7.551 jiwa dengan mata pencarian masyarakat 65% bertani dan 35% di sektor perdagangan, jasa, buruh, TNI, PNS, terdapat beberapa lembaga pendidikan TK, SD, SLB, dan STIKES. Kedua: sejarah berdirinya Surau Balenggek, surau ini didirikan oleh atas kesepakatan tokoh masyarakat dan masyarakat Balah Hilir pada tahun 1867 berfungsi sebagai surau pendukung bagi Masjid Raya Ampek Lingkung untuk kegiatan ibadah sehari-hari. Ketiga: dinamika perkembangan Pendidikan Islam di Surau Balenggek pada abad XX (1900-1999), masa awal abad XX (1900-1940), merupakan masa tumbuhnya pendidikan Islam di Surau Balenggek, guru yang mengajar pada masa ini adalah Buya H. Harun. Masa pertengahan abad XX (1940-1970), merupakan masa kemajuan bagi perkembangan pendidikan Islam di Surau Balenggek, pada masa ini guru yang paling berpengaruh di Surau Balenggek adalah Buya. H. Yusuf. Masa akhir abad XX (1970-1999), merupakan masa mundurnya pendidikan Islam di Surau Balengek, banyak guru-guru yang berpengalaman yang telah meninggal membuat Pendidikan Islam di Surau menjadi mundur, guru yang mengajar pada masa ini adalah Tk. Syukur dan Tk. Syamsu.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS
Depositing User: Evalina Eva Pustakawan
Date Deposited: 08 Sep 2022 07:59
Last Modified: 08 Sep 2022 07:59
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10604

Actions (login required)

View Item View Item