Siti Nur Aminah, Siti (2019) PROBLEMATIKA PEMBELAJARAN SEJARAH INDONESIA BERDASARKAN KURIKULUM 2013 DI MAN KOTA PARIAMAN. Skripsi thesis, UIN Imam Bonjol Padang.
Text
Cover - Copy.pdf - Published Version Download (452kB) |
|
Text
1. BAB 1.pdf - Published Version Download (430kB) |
|
Text
2. BAB 2.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (411kB) |
|
Text
3. BAB 3.pdf - Published Version Download (112kB) |
|
Text
4. BAB 4.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (226kB) |
|
Text
5. BAB 5.pdf - Published Version Download (102kB) |
|
Text
DAFTAR PUSTKA.pdf - Published Version Download (229kB) |
|
Text
Point E.pdf - Published Version Restricted to Repository staff only Download (1MB) |
Abstract
ABSTRAK Skirpsi ini berjudul “Problematika Pembelajaran Sejarah Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 di MAN Kota Pariaman” oleh Siti Nur Aminah, NIM. 1414090159, Prodi Tadris IPS Konsentrasi Sejarah Fakultas Tarbiyah dan Keguruan Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang. Penelitian ini dilatarbelakangi bahwa Proses Pembelajaran Sejarah Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 di MAN Kota Pariaman belum terlaksana sesuai Rencana Pelaksanaan Pembelajaran yang telah disusun berdasarkan kurikulum 2013. Sehingga pembelajaran tidak berjalan sesuai dengan pendekatan saintifik. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengungkapkan Problematika Pembelajaran Sejarah Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 di MAN Kota Pariaman mulai dari problematika dalam rencana pelaksanaan pembelajaran Sejarah Indonesia dan problematika pembelajaran Sejarah Indonesia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriftif kualitatif. Sebagai informan penelitian adalah guru Sejarah Indonesia, Peserta Didik dan Kepala Sekolah. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi. Teknik analisis data meliputi, pengumpulan data, tahap reduksi data, penyajian data, kesimpulan. Hasil penelitian yang telah ditemukan yaitu: Pertama, Guru Sejarah Indonesia di MAN Kota Pariaman telah memiliki rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP). Guru Sejarah Indonesia kurang mampu menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013 seperti kurang memahami konsep media sehingga kurang tepat dalam memilih media, langkahlangkah pembelajaran yang disusun kurang sesuai dengan metode yang dipilih. Kedua, Dalam Pembelajaran Sejarah Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 di MAN Kota Pariaman guru Sejarah Indonesia kurang mampu melaksanakan kegiatan pendahuluan sesuai dengan tuntutan kurikulum 2013 dan alokasi waktu tidak sesuai dengan yang telah direncanakan. Guru Sejarah Indonesia kurang mampu melaksanaan kegiatan inti seperti melaksanakan metode, menguasai kelas, menerapkan pendekatan saintifik, tidak menggunakan media, dan kurang mampu menumbuhkan kecerian, antusias peserta didik. Dalam kegiatan penutup guru Sejarah Indonesia kurang mampu melaksanakan kegiatan penutup karena jam pelajaran habis. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa Problematika Pembelajaran Sejarah Indonesia Berdasarkan Kurikulum 2013 di MAN Kota Pariaman: Guru Sejarah Indonesia kurang mampu dalam menyusun rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP) berdasarkan kurikulum 2013 dan Guru Sejarah Indonesia kurang mampu melaksanakan pembelajaran Sejarah Indonesia sesuai RPP yang telah disusun berdasarkan kurikulum 2013.
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | L Education > L Education (General) |
Divisions: | Fakultas Tarbiyah dan Keguruan > Tadris > Tadris IPS |
Depositing User: | Evalina Eva Pustakawan |
Date Deposited: | 08 Sep 2022 07:30 |
Last Modified: | 08 Sep 2022 07:30 |
URI: | http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10602 |
Actions (login required)
View Item |