TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG ESENSI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN IMAM BONJOL PADANG

Vadhillah, Syukra and Bashori, Bashori (2020) TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA TENTANG ESENSI JURUSAN MANAJEMEN PENDIDIKAN ISLAM UIN IMAM BONJOL PADANG. In: Prosiding Seminar Nasional Universitas Islam Syekh Yusuf, 2020, Banten.

[img] Text
Bashori.pdf

Download (430kB)

Abstract

Penelitian ini dilakukan karena dilema yang terjadi pada program studi Manajemen Pendidikan Islam UIN Imam Bonjol Padang yang notabenenya adalah program studi yang pada awalnya memiliki konsentrasi Bimbingan Konseling Islam. Sementara program studi Manajemen Pendidikan Islam murni tanpa konsentrasi baru berjalan 4 angkatan. Ini menjadi keraguan bagi mahasiswa terutama mahasiswa baru angkatan 2019. Untuk itu perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui pendapat mahasiswa mengenai hakikat Manajemen Pendidikan Islam. Adapun metode yang dipakai dalam penelitian ini adalah kuantitaif deskriptif. Teknik yang digunakan untuk mengumpulkan data ialah menyebarkan kuesioner. Sementara respondennya ialah mahasiswa semester ganjil tahun akademik 2019/2020 dengan jumlah 72 orang responden. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hanya 64,49% mahasiswa baru mengetahui hakikat jurusan Manajemen Pendidikan Islam sementara 35,51% belum mengetahuihakikat jurusan MPI. Berdasarkan hasil penelitian itu disimpulkan bahwa tingkat pengetahuan mahasiswa tentang esensi jurusan Manajemen Pendidikan Islam masih rendah. Kata Kunci: Pengetahuan Mahasiswa, Esensi Falsafah Manajemen Pendidikan Islam

Item Type: Conference or Workshop Item (Paper)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Tarbiyah dan Keguruan
Depositing User: Astri Sekar Sari
Date Deposited: 26 Aug 2022 02:34
Last Modified: 26 Aug 2022 02:34
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10523

Actions (login required)

View Item View Item