KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNA NETRA DAN PERANAN LAYANAN KONSELING AGAMA INDIVIDUAL DALAM PENANGANAN DAN PENGEMBANGANNYA ( Studi di SMALB Negeri 1 Melayu Kota Piring Kecamatan Tanjungpinang Timur )

Rahmadani, Sekar Kurnia (2022) KEPERCAYAAN DIRI ANAK TUNA NETRA DAN PERANAN LAYANAN KONSELING AGAMA INDIVIDUAL DALAM PENANGANAN DAN PENGEMBANGANNYA ( Studi di SMALB Negeri 1 Melayu Kota Piring Kecamatan Tanjungpinang Timur ). Skripsi thesis, Universitas Islam Negeri Imam Bonjol Padang.

[img] Text
SEKAR KURNIA RAMADHANI_1712020003_COVER, DLL - SekarKurniaRahmadani 0003.pdf

Download (593kB)
[img] Text
SEKAR KURNIA RAMADHANI_1712020003_BAB I - SekarKurniaRahmadani 0003.pdf

Download (558kB)
[img] Text (Bab II)
SEKAR KURNIA RAMADHANI_1712020003_BAB II - SekarKurniaRahmadani 0003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (307kB)
[img] Text
SEKAR KURNIA RAMADHANI_1712020003_BAB III - SekarKurniaRahmadani 0003.pdf

Download (127kB)
[img] Text (Bab IV)
SEKAR KURNIA RAMADHANI_1712020003_BAB IV - SekarKurniaRahmadani 0003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (869kB)
[img] Text
SEKAR KURNIA RAMADHANI_1712020003_BAB V _ DAFTAR PUSTAKA - SekarKurniaRahmadani 0003.pdf

Download (139kB)
[img] Text (Fulltext)
SEKAR KURNIA RAMADHANI_1712020003_Fulltext.- - SekarKurniaRahmadani 0003.pdf - Published Version
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract

Latar belakang masalah penelitian ini adalah anak tuna netra buta total sejak lahir yang mempunyai permasalahan kepercayaan diri sehingga anak belum mampu untuk merasa percaya diri menghadapi segala hal. Dalam hal ini diperlukan layanan konseling agama individual agar anak dapat memperoleh pemahaman diri, lingkungan serta memberikan dampak positif terhadap kepercayaan diri anak tuna netra terhadap kelangsungan hidup. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bentuk dan faktor permasalahan kepercayaan diri anak tuna netra serta peran layanan konseling agama individual dalam penanganan dan pengembangannya. Penelitian ini merupakan penelitian studi kasus. Sumber data penelitian ini adalah anak tuna netra buta total sejak lahir yang berusia 16 tahun dan 18 tahun yang berjumlah 2 orang. Pengumpulan data yang dilakukan adalah observasi langsung dan partisipan, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu: (1)Bentuk kepercayaan diri anak tuna netra. Dilihat dari beberapa aspek keyakinan kemampuan diri, VR dan SN yakin atas kemampuan diri dalam belajar yaitu mampu mengutarakan pendapat saat belajar, berinteraksi dan merasa mampu melakukan sesuatu. Aspek optimis yaitu VR belum memiliki sikap optimis, selalu merasa mengalami kegagalan saat perlombaan catur dan anak tuna netra SN yang cenderung memiliki sikap optimis, selalu berfikir positif dalam bakat yang diminati. Aspek objektif yaitu VR tidak mengandalkan diri sendiri saat menghadapi kesulitan tugas sekolah, terbuka kepada keluarga dan SN selalu bertanya ketika mengalami kesulitan dalam tugas sekolah. Aspek tanggung jawab yaitu VR meminta maaf atas kesalahan yang diperbuat dan SN menyelesaikan tugas sekolah dengan baik. Aspek rasional yaitu VR mandiri dalam memakai pakaian dengan keterbatasan dan SN menabung untuk keperluan sendiri. (2)Faktor yang mempengaruhi permasalahan kepercayaan diri anak tuna netra. Pertama kondisi fisik, mereka terlihat mengeluh dengan kondisi fisik dan rendah diri saat berada di lingkungan. Kedua, cita-cita, merasa ragu untuk mewujudkan cita-cita yang ingin dicapai. Ketiga, pengalaman hidup, anak tuna netra mengalami rasa trauma akan kegagalan. Keempat, keluarga, anak tuna netra belum percaya diri dalam lingkungan keluarganya.(3) Penanganan dan pengembangan masalah kepercayaan diri anak tuna netra dalam peran layanan konseling agama individual, yaitu membantu anak dalam menjaga dan mengembangkan keseluruhan pribadinya secara baik, terarah dan berkelanjutan serta berpengaruh dalam kepercayaan diri anak tuna netra agar bisa menerima diri penuh dengan rasa syukur sehingga pendekatan konseling yang dilakukan melalui fungsi pemahaman, pencegahan dan fungsi pemeliharaan atau pengembangan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: L Education > L Education (General)
Divisions: Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Fakultas Dakwah dan Ilmu Komunikasi > Bimbingan Penyuluhan Konseling Islam
Depositing User: Lusi Ismail Lusi
Date Deposited: 18 Aug 2022 05:00
Last Modified: 29 Aug 2022 08:20
URI: http://repository.uinib.ac.id/id/eprint/10485

Actions (login required)

View Item View Item